Merauke (ANTARA) - Kontingen Jawa Barat berhasil meraih medali emas cabang olahraga anggar kategori floret individual putri setelah mengalahkan Riau pada babak final Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Leoda Lundy Winona yang mewakili Jawa Barat berhasil mengalahkan lawannya asal Riau Nurul Aini dengan skor 15 -10 dalam pertandingan yang digelar di Gedung Serbaguna Gereja St Yoseph Merauke, Senin.

Pertarungan berjalan sengit sejak awal. Leoda berhasil mencetak skor terlebih dahulu melalui serangan cepatnya sebelum akhirnya kembali disamakan oleh Nurul Aini.

Baca juga: Turunkan atlet muda, Jawa Barat targetkan dua medali emas anggar PON

Pertandingan sempat terhenti setelah Nurul Aini harus mendapatkan perawatan akibat cedera pada kaki saat kedudukan 4 - 2 untuk Jawa Barat.

Setelah mendapatkan perawatan, Nurul Aini kembali bertanding meski kondisi pada kakinya tidak fit. Jabar berhasil menjaga keunggulan atas Riau.

Perjuangan Nurul Aini harus terhenti ketika serangan terakhir Jawa Barat membuahkan skor. Tangis haru terlihat dari wajah Leoda ketika mengetahui dirinya berhasil memenangkan pertandingan dan berhak atas medali emas floret individual putri.

Baca juga: Tim anggar Jabar tak temui kendala persiapan PON di Merauke

Sebelumnya pada partai semifinal Leoda Lundy Winona berhasil mengalahkan atlet Kalimantan Barat Mery Ananda dengan skor 15 - 8.

Cabang olahraga anggar pada PON XX Papua memperebutkan 12 emas di antaranya untuk kategori putra adalah degen individual, floret individual, sabel individual, degen beregu, floret beregu, dan sabel beregu.

Sedangkan untuk kategori putri adalah degen individual, floret individual, sabel individual, degen beregu, floret beregu, dan sabel beregu. Pertandingan anggar diselenggarakan pada 4 - 9 Oktober 2021.

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021