Manado (ANTARA) - Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Markos memaparkan rencana pembangunan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Kota Bitung, Sulawesi Utara.

"TNI AL akan membangun Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Kota Bitung, tepatnya di Pulau Lembeh," kata dia saat melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Bitung di Bitung, Senin.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Bitung atas sambutan yang diberikan.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan keinginan untuk menggerakkan kegiatan Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari di Kota Bitung.

Baca juga: Desa Tabanio-Kalsel dijadikan TNI-AL Kampung Bahari Nusantara

Ia juga berharap, dapat membawa Saka Bahari Kota Bitung untuk mengikuti kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) tingkat nasional bila situasi sudah pulih dari pandemi COVID-19.

Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar mengatakan siap mendukung upaya TNI AL membangun Kampung Bahari Nusantara di Pulau Lembeh.

Pihaknya tengah mempersiapkan lahan sebagai tempat pembinaan Pramuka di Pinasungkulan.

"Di tempat tersebut nantinya dapat digunakan sebagai pusat kegiatan pramuka di Kota Bitung seperti perkemahan, 'outbond', dan lain-lain," katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut, utamanya Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VIII dan jajaran yang telah melaksanakan "Serbuan Vaksinasi" di kota tersebut.

Baca juga: KASAL resmikan Kampung Bahari Nusantara di Maluku Tenggara
Baca juga: Lantamal VI-Pemkot bersinergi dalam program Kampung Bahari Nusantara

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021