Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim bola basket putri Bali Muflih Farhan menyebut skuadnya siap menghadapi laga yang diprediksinya akan seru, yakni kontra Sulawesi Selatan pada semifinal PON XX Papua, Kamis (7/10).

"Saya pikir ini akan menjadi pertandingan seru. Kalau sudah di semifinal, semua pasti mau masuk ke final," ujar Muflih di Mimika Sport Complex, Mimika, Senin.

Sulawesi Selatan, dia melanjutkan, adalah tim yang tangguh. Hal itu terbukti dari catatan tanpa kalah mereka di Pool Y, yang menempatkan Sulsel menjadi juara grup.

Apalagi, salah satu tim yang ditaklukkan Sulsel adalah DKI Jakarta, yang merupakan calon juara PON dan peraih medali perak PON 2016.

"Saya respek Sulawesi Selatan bisa mengalahkan DKI Jakarta. Nanti di semifinal, semua tim datang dengan mental yang berbeda. Itu membuat peluang menang setiap tim sama," tutur Muflih.

Baca juga: Bali bertekad lanjutkan tren kemenangan lolos ke semifinal PON Papua 

Demi menundukkan Sulsel dan melaju ke final, Muflih pun meminta anak-anak asuhnya untuk bermain konsisten, dan tak bergeser dari rencana yang sudah ditetapkan.

Jika tak konsisten, ia menyebut dampaknya adalah kekalahan seperti pertandingan versus Jawa Timur, Senin (4/10). Pada partai tersebut, Bali ditundukkan Jawa Timur 30-51.

"Memang ada faktor kelelahan karena kemarin jadwal pertandingan kami ditunda dua jam. Namun, penyebab utama sebenarnya, yaitu kami tidak bermain dengan cara kami sendiri," kata Muflih.

Menanggapi pernyataan sang pelatih, guard Bali Putu Tiana Widiastari tidak menampik. Apa yang disampaikan Muflih, ucap Putu, memang benar.

Kekalahan dari Jawa Timur itu dinilainya terjadi lantaran pemain beranjak dari strategi yang sudah ditetapkan.

"Jadi, saat melawan Sulsel nanti kami mesti lebih semangat dan berjalan sesuai konsep," ungkap Putu Tiana.

Baca juga: Bali kunci tempat di semifinal basket putri setelah tundukkan Jateng 

Tim bola basket putri Bali melaju ke semifinal PON XX Papua sebagai peringkat kedua Pool X. Juara grup ini, yaitu Jawa Timur.

Dengan demikian, di empat besar, Jawa Timur akan melawan "runner up" Pool Y DKI Jakarta. Sementara Bali akan berhadapan dengan pemuncak klasemen Pool Y Sulawesi Selatan.

Seluruh pertandingan semifinal, baik putra maupun putri, akan digelar pada Kamis (7/10) di Mimika Sport Complex, Mimika. 

Baca juga: Jawa Timur siap hadapi DKI Jakarta di semifinal bola basket PON Papua 
Baca juga: Kalahkan Bali 51-30, tim basket putri Jatim kunci puncak Pool X PON 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021