Stafsus Wapres sebut potensi ekspor UMKM dan produk halal besar

Stafsus Wapres sebut potensi ekspor UMKM dan produk halal besar

Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim melepas ekspor produk UMKM halal yang dikelola platform digital Goorita.com di area kargo Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, Senin, (4/10/2021). ANTARA/HO-Stafsus Wapres/am.

Ekonomi Indonesia sangat tergantung terhadap gerak langkah UMKM, oleh karena itu jika sektor ini kolaps maka ekonomi nasional juga akan terdampak
Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Wakil Presiden (Stafsus Wapres) Lukmanul Hakim menyebutkan potensi ekspor dari sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan produk halal memiliki prospek serta dampak ekonomi yang besar.

"Saat ini, ekspor UMKM dan produk halal masih kecil. Tapi, ini memiliki potensi besar dan memberikan dampak ekonomi besar karena UMKM mencapai 64 juta usaha dan mempekerjakan 127 juta orang," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, ekonomi Indonesia sangat tergantung terhadap gerak langkah UMKM, oleh karena itu jika sektor ini kolaps maka ekonomi nasional juga akan terdampak.

Baca juga: Wapres: UMKM halal perlu dukungan kuat untuk penuhi pasar ekspor

Sebelumnya, Lukmanul melepas ekspor produk UMKM halal yang dikelola platform digital Goorita.com di area kargo Bandara Soekarno Hatta, Senin (4/10/2021) dengan negara tujuan Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Arab Saudi.

Komoditas yang diekspor adalah produk UMKM yang 90 persennya berupa makanan halal seperti makanan halal siap saji, antara lain gado-gado, kue bulan, sambal, dan lainnya.

"Hari ini kami ekspor 3 ton produk UMKM halal, dan selama 2021 kami sudah mengekspor 120 ton dengan nilai 4 juta dolar AS," ujar CEO Goorita Yuwono Wicaksono.

Bersama platform digital lainnya yang tergabung dalam Asosiasi Platform Digital Ekspor (APDEI), lanjutnya, ekspor UMKM tahun ini mencapai triliunan rupiah.

"Saat ini, pasarnya adalah diaspora, tapi banyak juga warga negara lokal di luar negeri yang konsumsi produk Indonesia," katanya.

Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi mengapresiasi langkah Staf Khusus Wapres mendukung ekspor UMKM dan produk halal yang dilakukan platform digital ekspor.

"Anggota Kadin ini 90 persen UMKM, kami siap berkolaborasi mendorong ekspor UMKM," katanya.

Baca juga: Stafsus Wapres dorong platform digital tingkatkan ekspor UMKM
Baca juga: Wapres minta pelaku usaha besar dan kecil saling memberi dukungan

Pewarta: Subagyo
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tutup Rapimnas Kadin, Wapres: perlu kolaborasi untuk pemerataan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar