Presiden: Keberhasilan tangani COVID-19 tak terlepas peran besar TNI

Presiden: Keberhasilan tangani COVID-19 tak terlepas peran besar TNI

Presiden Joko Widodo (tengah) menyapa pelajar dan warga yang mengantre untuk melakukan vaksin Covid-19 di gedung serba guna Batalyon 762 Vira Yudha Sakti di Kota Sorong, Papua Barat, Senin (4/10/2021). ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/foc.

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keberhasilan dalam menangani pandemi COVID-19 tak terlepas dari peran besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang profesional dalam setiap penugasan, baik perorangan maupun satuan.

Presiden dalam Peringatan HUT Ke-76 TNI di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, mengatakan TNI selalu menunjukkan profesionalisme dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk dalam mengoptimalkan alat utama sistem senjata (alutsista) guna mencapai keberhasilan tugas.

“Keberhasilan kita dalam menangani pandemi COVID-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI. TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan,” ujarnya.

Kepada para prajurit TNI, Presiden mengingatkan sampai saat ini Indonesia masih berada dalam bayang-bayang pandemi COVID-19. Bila diibaratkan sebagai perang, ujar Presiden, perang melawan COVID-19 sangat berlarut-larut. Perang melawan COVID-19 sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental hingga semangat juang.

Baca juga: Presiden Jokowi perintahkan pergeseran kebijakan pertahanan

“Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi, pemanfaatan ilmu pengetahuan, dan teknologi,” ujarnya.

Mewakili masyarakat, bangsa, dan negara, Presiden Jokowi menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran TNI. Para prajurit TNI dinilai selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah NKRI.

“TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan,” ujarnya.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya menyampaikan Selamat Hari Ulang Tahun Ke-76 Tentara Nasional Indonesia,” ucap Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi minta TNI selalu aktif hadapi beragam spektrum ancaman

Upacara peringatan HUT Ke-76 TNI digelar secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat di halaman depan Istana Merdeka.

Upacara tersebut turut dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andikan Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Pada upacara peringatan tahun ini, TNI turut menggelar pameran alutsista. Tak kurang dari 112 alutsista berjajar di ruas-ruas jalan sekitar Istana Kepresidenan, Jakarta, yakni Jalan Medan Merdeka Utara, dan Jalan Medan Merdeka Barat. Pameran alutsista tersebut digelar agar masyarakat mengetahui berbagai alutsista yang dimiliki TNI, serta untuk menjalin kedekatan TNI dan masyarakat.

Baca juga: Panglima TNI minta prajurit tingkatkan profesionalisme

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Harapan pedagang Pasar Bantingan usai terima bantuan Presiden

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar