Mimika (ANTARA) - Tim bola basket putri Jawa Tengah, peraih medali emas PON 2012 dan 2016, menuntaskan kiprahnya di PON XX Papua tanpa satu pun kemenangan setelah takluk dari Jawa Barat 53-65 pada pertandingan pamungkas Pool X di Mimika Sport Complex, Mimika, Selasa.

Jawa Tengah selalu kalah pada tiga laga Pool X. Sebelumnya, mereka ditundukkan Bali dan Jawa Timur. Dengan kondisi tersebut, mereka dipastikan tak lolos dari penyisihan grup.

Sementara bagi tim putri Jawa Barat, yang juga gagal melaju ke babak selanjutnya, hasil positif kontra Jawa Tengah membuat mereka setidak-tidaknya pulang dengan mengantongi satu kemenangan dari tiga laga di PON Papua.

Meski tak lagi menentukan bagi kedua tim, pertandingan Jawa Barat kontra Jawa Timur berlangsung dengan penuh semangat sejak awal.

Baca juga: Pelatih basket putri Jateng akui banyak PR secara materi
Baca juga: Bali kunci tempat di semifinal basket putri setelah tundukkan Jateng


Jawa Barat unggul cepat 0-6 satu menit kuarter pertama dimulai. Jateng memperkecil selisih skor menjadi 4-8 via dua angka Nia Sulistyarini, tetapi Jabar terus melaju dan menyelesaikan kuarter itu dengan keunggulan 19-10.

Kuarter kedua, Jabar menjauh 16 angka, 12-28, setelah Nikita Ferliana melesakkan lemparan bebas. Mereka tak terbendung dan memimpin sebelum jeda, 33-16.

Usai turun minum, Jabar yang tampil disiplin tak memberikan kesempatan Jateng untuk mengembangkan permainan. Mereka pun memimpin kuarter ketiga, 45-37 dan menuntaskan laga dengan kemenangan 65-53.

Deniece Gunarto memimpin perolehan poin Jawa Barat dengan membuat 12 poin, tiga rebound dan lima assist.

Sementara di kubu Jawa Tengah, Dyah Lestari mencatatkan "double-double", 14 poin, 12 rebound dan satu assist.

Baca juga: Tim basket putri DKI Jakarta lolos semifinal usai bekuk Papua 85-30


 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021