Semen Padang Kalahkan Persisam 3-1

Padang (ANTARA News) - Kesebelasan tuan rumah PS Semen Padang (SP) mengalahkan tamunya Persisam Samarinda 3-1 (2-0) dalam lanjutan Kompetisi Liga Super Indonesia di Stadion H Agus Salim Padang, Kamis sore.

Bertanding di depan sekitar 8.000 pendukung, permainan tuan rumah SP dapat diimbangi Persisam pada menit-menit awal babak pertama.

Pertandingan cukup menarik dan kedua kesebelasan saling menyerang namun belum membuahkan hasil hingga 15 menit permainan.

Di menit ke 19, penyerang SP Saktiawan Sinaga berhasil mengubah kedudukan melalui golnya setelah membelokan bola tendangan Edward Wilson Junior.

Gol berawal dari umpan kapten tim SP Elli Aiboy dari sisi pertahanan kiri Persisam ke dalam kotak penalti, bola disambut Edward yang langsung melepaskan tendangan ke depan gawang.

Namun di tengah jalan laju bola berhasil dibelokan Saktiawan yang berdiri tidak jauh dari mulut gawang. Bola berkelok keras ke dalam gawang tanpa mampu diselamatkan kiper Persisam, Wawan Hermawan, sekaligus mengubah skor 1-0 untuk SP.

Keunggulan itu membuat pemain-pemain SP terus menekan Persisam, berkali-kali Edward, Saktiawan, Esteban Vizcara dan didukung pemain tengah, Yu Hyun Ko dan Vendry Mofu serta kapten tim Elli Aiboy terus menekan pertahanan tim tamu.

Pada menit ke-44 SP kembali menciptakan gol yang berawal dari tendangan bebas kapten Elli Aiboy dari luar kotak penalti. Bola dikirim ke depan gawang namun mental dan berhasil direbut Esteban Vizcara.

Dengan sempurna, pemain asing tersebut menceploskan si kulit bundar ke gawang Persisam yang tak mampu ditahan kiper Wawan. Skor berubah 2-0 untuk SP yang bertahan hingga pertandingan babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Persisam mulai meningkatkan permainan untuk mengejar ketertinggalan dari SP. Beberapa serangan dilakukan ke gawang lawan melalui penyerang Persisam, Julio Lopes, Pavel Solomin dan pemain tengah Choi Dong So.

Serangan-serangan tim tamu belum mampu menciptakan gol berkat permainan ketat pemain pertahanan SP yang dikoordinir David Pagbe, Hengki Arliles, Syafrudin dan Tommy Rifki serta permainan cemerlang kiper Jandria Eka Putra yang beberapa kali menggagalkan peluang Persisam.

SP mencoba mengimbangi permainan Persisam melalui serangan-serangan balik yang cepat melalui suplai bola Elli Aiboy, Vendry Mofu dan Yu Hyun Ko yang beberapa kali juga merepotkan pemain pertahanan tim tamu.

Melalui serangan balik yang cepat pada menit ke-68, SP berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 melalui gol diciptakan Edward Wilson Junior.

Gol berawal dari serangan balik SP melalui Elli Aiboy yang dengan cepat mengirim bola kepada Dedi Hartono disisi kiri pertahanan Persisam. Bola digiring cepat oleh Dedi menyusur garis sisi pertahanan lawan, lalu melepaskan umpan tarik ke depan mulut gawang.

Bola umpan itu dapat diterima Edward yang dengan cepat menendang ke dalam gawang dan tidak mampu ditepis kiper Persisam dan bergetar jala gawang tim tamu untuk ke tiga kalinya.

Unggul 3-0 pemain SP mulai menurunkan tempo permainannya yang dapat dimanfaatkan Persisam untuk balik terus menyerang. Setelah berkali-kali melakukan serangan, pada menit ke-85, pemain Persisam berhasil memperkecil ketertinggalannya menjadi 3-1 melalui gol, Pavel Solorin.

Gol tim tamu berawal umpan jauh pemain Persisam ke Pavel yang berada di luar kotak pinalti SP, meski dikawal Pavel berhasil mengiring bola ke dalam kotak pinalti dan melepaskan tendangan bola silang ke sudut dalam gawang SP.

Bola meluncur ke sudut gawang tanpa dapat ditepis kiper Jandia Eka Putra sekaligus mengubah kedudukan menjadi 3-1 masih untuk tuan rumah SP dan bertahan hingga wasit M.Umar meniup peluit bertanda pertandingan berakhir.(*)

(H014/I015)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar