Manokwari (ANTARA) - Kodam XVIII/Kasuari menggelar syukuran dan ramah-tamah sederhana namun penuh khidmat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI di serambi kehormatan Markas Kodam XVIII/Kasuari di Manokwari, Papua Barat, Selasa.

Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayor Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa, dalam sambutannya menyampaikan TNI selain memiliki tugas sebagai alat pertahanan negara, TNI juga melaksanakan tugas dalam rangka Operasi Militer Selain Perang.

“Untuk itu dalam situasi Covid-19 ini kita semua harus bersinergi, kita harus manunggal dengan seluruh komponen masyarakat, mulai pemerintah daerah, Polri, tokoh agama, masyarakat, tokoh adat dan komunitas-komunitas baik akademisi termasuk juga media," ujar dia.

Baca juga: Kodam Kasuari aksi sosial donor darah untuk sambut HUT ke-76 TNI

Ia mengutarakan, selama penugasan di tanah Papua Barat menurutnya cukup berat dan kompleks dengan keberagaman, sehingga TNI harus memiliki wawasan luas dan mengerti tentang kearifan lokal, adat dan budaya di tanah Papua Barat ini.

Ia mengatakan, dengan peringatan HUT ke-76 ini kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan Kodam XVIII/Kasuari. “Puji Tuhan kami di sini sangat didukung Pemda, DPRD Papua Barat, dan semua tokoh masyarakat," ucapnya.

Ia mengatakan salah satu dukungan pemerintah tersebut melalui 1.000 bintara otonomi khusus, sehingga dapat mendorong pemenuhan personel Kodam hingga 64 persen.

Baca juga: Kapendam: Warga Maybrat takut ke kampung karena diancam KST

Ia berharap ke depan, Kodam XVIII/Kasuari semakin sempurna, semakin bisa menjadi pengayom, pelindung dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara, Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan, mengatakan, berkat kerjasama dan hubungan baik dengan semua pihak itulah kekuatan besar yang mendorong Provinsi ini berkembang dalam keberagaman.

“Toleransi umat beragama di Papua Barat sangat baik, begitu pula pendekatan hukum serta pendekatan adat dan budaya yang selama ini terbina bersama TNI dan Polri turut menunjang keberhasilan pemerintah di semua program pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat," ujar dia.

Baca juga: Pangdam Kasuari tinjau TKP Posramil Kisor

Ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada panglima Kodam XVIII/Kasuari, kepala Polda Papua Barat, dan seluruh jajaran TNI di wilayah Papua Barat karena selama ini sudah bersinergi memelihara keamanan dan kedamaian Papua Barat sehingga masih tetap aman dan kondusif.

“Terima kasih banyak juga kepada unsur Forkopimda yang selama ini sudah membantu terutama dalam penanganan pandemi Covid-19," ujar dia.

Pada momentum HUT TNI ke- 76 ini, Mandacan mengajak semua pihak di provinsi ini tingkatkan kekompakan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan untuk menjamin Papua Barat tetap aman, kondusif dalam bingkai NKRI.

Baca juga: Gubernur Papua Barat berdukacita atas wafatnya empat anggota TNI AD

Pewarta: Hans Arnold Kapisa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021