Merauke (ANTARA) - Tim sepak bola putri Jawa Barat memupus harapan Papua Barat untuk lolos ke semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua setelah menang dengan skor telak 5 - 0.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Katapal Merauke, Selasa, pemain Jawa Barat bernomor punggung 10 Pani Tri Oktavianti mencetak tiga gol (hatrik) dari lima gol yang bersarang di gawang Papua Barat.

Jawa Barat membuka keunggulan pada menit 10 melalui sepakan dari luar kotak penalti yang dilakukan oleh Mila Nur Kamila. Tiga menit berselang, Jabar kembali mencetak gol melalui Pani Tri lagi-lagi melalui sepakan dari luar kotak penalti yang gagal dijangkau kiper Papua Barat.

Papua Barat tak tinggal diam dengan sesekali melakukan serangan balik seperti yang dilakukan pada menit 15 melalui penetrasi nomor punggung 17, namun sepakannya masih melebar di sisi gawang Jawa Barat.

Tim Bumi Pasundan mencetak dua gol tambahan pada menit 16 dan 18 melalui Pani Tri sehingga mengubah kedudukan sementara menjadi 4 - 0 yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua Jabar tak mengendurkan serangannya ke gawang Papua Barat. Namun gol baru tercipta di menit 52 melalui tendangan bebas pemain nomor punggung 15 Helsya Maeisyaroh yang mengubah kedudukan menjadi 5 - 0.

Papua Barat bukan tanpa peluang di babak kedua, seperti yang terjadi di menit 76 saat penetrasi pemain no 13 Kristina Usa gagal dimanfaatkan mencetak gol meski tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang.

Saling serang tersaji pada menit yang tersisa, namun hingga akhir pertandingan skor 5 - 0 untuk Jawa Barat tetap bertahan. Dengan hasil ini tim sepak bola putri Papua Barat gagal ke semifinal setelah dalam partai penyisihan Grup A menelan dua kali kekalahan.

Sementara Jawa Barat akan bertanding melawan Papua yang sebelumnya mengalahkan Papua Barat 7 - 0. Pertandingan penentuan juara grup itu akan dilakukan pada Kamis (7/10).

Baca juga: Kalteng siap habis-habisan lawan DKI di sepak bola putri PON Papua
Baca juga: sepak bola putri Papua tak mau puas dengan hasil perdana PON Papua
Baca juga: Sepak bola putri Papua Barat akui persiapan jadi kendala di PON Papua

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021