Jayapura (ANTARA) - Atlet-atlet Kalimantan Timur dan tuan rumah berada di urutan terdepan dalam perburuan medali emas cabang olahraga layar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua hingga perlombaan hari ketiga di lepas Pantai Hamadi, Kota Jayapura, Selasa.

Kaltim melalui pasangan M. Abdul Sugianto/Rahmat Aidil Pratama memimpin klasemen sementara International 420 putra dengan raihan 8.0 poin, unggul relatif jauh atas pesaing terdekatnya Muhammad Ikwan/Riko Ramadani asal Kalimantan Utara yang memiliki 16.0 poin.

Dalam perlombaan hari ketiga yang menggelar empat kali balapan, M. Abdul Sugianto/Rahmat Aidil Pratama tiga kali finis terdepan dan satu kali di urutan kedua.

Wakil Kaltim lainnya, Riski Rahmadani/Nugie Triwira, yang turun di nomor International 470 terbuka juga masih memimpin klasemen dengan raihan 14.0 poin, meskipun hanya sekali finis di urutan pertama dalam empat kali balapan di perlombaan hari ketiga.

Riski Rahmadani/Nugie Triwira masih unggul atas pasangan pelayar DKI Jakarta Bobby Feri Andriyanto/Herbito Igustano yang menempati posisi kedua dengan catatan 19.0 poin.

Sementara itu, pelayar-pelayar Papua memimpin di nomor Optimist putra dan Laser 4.7 putra atas para pesaingnya.

M. Fasya Aldiansyah yang tampil di nomor Optimist putra, dua kali memenangi balapan hari ketiga dan dua kali menempati posisi kedua, untuk memimpin klasemen dengan koleksi 10.0 poin, mengungguli wakil Kepulauan Riau Rahmad Zhairy yang punya 14.0 poin.

Sedangkan Aldo Rizki Zulkarnain hanya sekali finis urutan pertama dalam empat kali balapan nomor Laser 4.7 putra, tetapi tetap berada di posisi terdepan perebutan medali dengan total bersih 10.0 poin di atas Kaltim Muhammad Farham (13.00) yang hari ini tiga kali memenangi balapan.

Tiga nomor lain layar PON Papua hampir bisa dipastikan pemilik medali emasnya, termasuk pelayar legendaris I Gusti Made Oka Sulaksana (Bali) yang masih turun untuk nomor RSX 9.5 putra.

Oka Sulaksana menyapu bersih tiga balapan hari ketiga dan bertengger di puncak klasemen sementara dengan 7.0 poin, unggul jauh atas pelayar Jawa Timur Susilo (15.00) di posisi kedua.

Pelayar Jatim lainnya, M. Viko Wijanarko, hampir pasti meraup emas nomor Techno 293 putra setelah mendominasi balapan hari ketiga dan memimpin klasemen dengan catatan 8.00 poin, sementara posisi kedua ditempati wakil DKI Deva Badhi Kurniawan yang memiliki nilai 20.00 poin.

Satu pelayar lain yang sudah memimpin jauh adalah Ahmad Zainuddin asal Kepri di nomor Laser Standard putra yang kini memiliki 8.00 poin di atas atlet Jatim Bobi Muhamad Hakim dengan 18.00 poin.

Persaingan ketat terjadi di nomor RS One putra, di mana pelayar Banten Dexy Priany dua kali memenangi balapan hari ketiga tetapi hanya unggul tipis atas atlet DKI Ridwan Ramadan di posisi kedua klasemen.

Dexy Priany mengumpulkan 16.00 poin dan Ridwan Ramadan membayangi dengan 18.00 poin.

Nomor-nomor tersebut akan melangsungkan perlombaan hari terakhir yang dilanjutkan dengan upacara pengalungan medali pada Rabu (6/10) besok.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2021