Peringati HUT TNI, Dubes RI apresiasi peran tentara saat pandemi

Peringati HUT TNI, Dubes RI apresiasi peran tentara saat pandemi

KBRI Bandar Seri Begawan mengadakan upacara dalam rangka peringatan hari ulamg tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada Selasa (5/10/2021). ANTARA/HO-KBRI Bandar Seri Begawan.

Apresiasi kami kepada TNI yang mampu beradaptasi menghadapi COVID-19 dan berjuang bersama komponen masyarakat yang lain
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Sujatmiko saat memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 TNI  menyampaikan apresiasi peran penting tentara Indonesia dalam upaya menghadapi pandemi COVID-19.

"Apresiasi kami kepada TNI yang mampu beradaptasi menghadapi COVID-19 dan berjuang bersama komponen masyarakat yang lain," kata Dubes Sujatmiko, seperti disampaikan dalam keterangan KBRI Bandar Seri Begawan yang diterima di Jakarta, Rabu.

KBRI Bandar Seri Begawan pada Selasa (5/10) mengadakan upacara dalam rangka Peringatan HUT ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dubes Sujatmiko bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara dilakukan secara daring dan luring dan dihadiri seluruh pejabat dan staf KBRI, serta perwakilan dari beberapa komunitas masyarakat Indonesia yang ada di Brunei Darussalam. Upacara juga disiarkan langsung melalui YouTube.

Baca juga: KBRI beri layanan kesehatan gratis bagi WNI di Brunei

"TNI telah berhasil memperjuangkan kemerdekaan dan menghadapi tantangan yang berubah dari waktu ke waktu. Tantangan itu memiliki dimensi berbeda, kompleksitas yang semakin tinggi, dan dapat datang dari mana saja," ujar Sujatmiko.

Dalam amanatnya, dia menyampaikan pula pesan mengenai kemampuan TNI menghadapi ancaman tradisional dan nontradisional.

"Dengan adanya peningkatan alutsista yang dimiliki, TNI akan semakin mampu menghadapi ancaman terhadap keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," tutur Sujatmiko.

"Saya yakin TNI akan semakin mampu menjaga perbatasan darat dan laut dan teritorial laut Indonesia. Sebagai negara kepulauan, kita wajib dan harus mampu menjaga wilayah perairan kita karena di sanalah kita memiliki kekayaan yang tak terhingga nilainya," lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Dubes Sujatmiko menegaskan pentingnya kontribusi TNI dalam menjaga wilayah perbatasan baik, di darat maupun di laut. Dia juga menyampaikan harapan agar TNI semakin berdedikasi dan berjaya dalam menghadapi ancaman yang semakin berkembang.

Upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI di KBRI Bandar Seri Begawan kali ini diselenggarakan  di tengah situasi gelombang kedua COVID-19 di Brunei Darussalam.

Pada tahun ini, selain kegiatan upacara dan syukuran, Kantor Atase Pertahanan RI juga menyelenggarakan rangkaian kegiatan pembagian sembako kepada WNI yang terdampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Komunitas Indonesia kembali salurkan bantuan COVID untuk Brunei
Baca juga: COVID di Brunei naik, KBRI gelar upacara virtual HUT Kemerdekaan

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pangdam V/Brawijaya: Infanteri bersinergi sejahterakan rakyat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar