Tingkat hunian kamar mencapai 70 persen pada Sabtu lalu, sebelumnya di bawah angka itu. Kegiatan-kegiatan semacam ini menambah kepercayaan masyarakat luar bahwa Lombok Barat aman dikunjungi, dan kami siap menyambut perhelatan internasional WSBK di Si
Lombok Barat (ANTARA) - Sejumlah hotel di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat mulai menikmati peningkatan kunjungan setelah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat turun ke level 1 serta adanya Festival Pesona Senggigi menyambut World Superbike (WSBK).

General Manager Aruna Senggigi Resort & Convention Weni Kristanti, di Kabupaten Lombok Barat, Rabu, mengaku mendapat berkah dari kegiatan Festival Pesona Senggigi 2021 yang diinisiasi Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat.

"Tingkat hunian kamar mencapai 70 persen pada Sabtu lalu, sebelumnya di bawah angka itu. Kegiatan-kegiatan semacam ini menambah kepercayaan masyarakat luar bahwa Lombok Barat aman dikunjungi, dan kami siap menyambut perhelatan internasional WSBK di Sirkuit Mandalika," katanya.

Aruna Senggigi Resort & Convention kebagian tempat rangkaian Festival Pesona Senggigi untuk pertunjukan wayang kulit jawa, di mana penikmat kesenian itu relatif banyak karena komunitas Jawa di Pulau Lombok cukup banyak. Hal itu juga yang membuat animo masyarakat untuk datang ke Senggigi.

"Ini juga bisa sebagai promosi kepariwisataan kita. Geliat atau acara seperti ini menjadi 'spotlight' bagi masyarakat luas dan bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk orang datang ke Senggigi," ujar Weni.

General Manager The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa, Cherry Abdul Hakim juga mengakui okupansi di hotelnya naik hingga 80 persen dari 120 kamar yang dioperasikan.

"Alhamdulillah event ini membawa berkah buat kami. Dari 120 kamar yang dibuka, terisi sekitar 100 kamar pada Sabtu (2/10) lalu," katanya.

Menurut Cherry, konsep festival kali ini cukup berbeda dengan festival sebelum-sebelumnya. Biasanya, lokasi kegiatan di jalan raya dan sering mengganggu lalu lintas, namun kali ini diselenggarakan di beberapa hotel di Senggigi.

Direktur Sales Of Marketing Kila Senggigi Beach Lombok, Aang Sadikin, juga sangat mengapresiasi usaha Dinas Pariwisata Lombok Barat dalam membangkitkan geliat kepariwisataan di Senggigi.

"Okupansi Kila Senggigi Beach Lombok mencapai 67 persen, sekitar 83 kamar yang terisi dari jumlah 167 kamar," ujarnya.

Road To Festival Pesona Senggigi 2021 yang berlangsung mulai 28 Oktober hingga akhir November, disebar di empat hotel di kawasan Senggigi, yakni Aruna Senggigi Resort & Convention, The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa, Hotel Kila Senggigi, dan Holiday Resort Lombok.

Baca juga: Puluhan tukik dilepas di Pantai Senggigi

Baca juga: Meski ada Mandalika, Pengamat: Jangan lupakan kawasan wisata Senggigi

 

Pewarta: Awaludin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021