PON Papua

Tyas Murtiningsih tak menyangka mampu pecahkan rekor PON

Tyas Murtiningsih tak menyangka mampu pecahkan rekor PON

Tyas Murtiningsih seusai mencatatkan waktu tercepat 11,67 detik saat turun di babak pertama nomor 100 meter putri di GOR Mimika Sport Complex, Mimika, Papua, Rabu (6/10/2021). ANTARA/Faturrahman.

Jakarta (ANTARA) - Sprinter Jawa Barat Tyas Murtiningsih tak menyangka mampu memecahkan rekor nomor 100 meter putri cabang olahraga atletik Pekan Olahraga Nasional.

"Alhamdulillah, bersyukur. Awalnya juga tidak menyangka (bisa memecahkan rekor)," ujar Tyas kepada Antara di GOR Mimika Sport Complex, Mimika, Papua, Rabu.

Tyas mencatatkan waktu tercepat 11,67 detik saat turun di babak pertama nomor 100 meter putri cabang olahraga atletik di PON XX Papua.

Catatan waktu yang diraih atlet 24 tahun itu memecahkan rekor PON sebelumnya milik sprinter asal Maluku Irene Truitje Joseph dengan torehan waktu 11,73 detik yang dicetak pada 2000 silam.

Baca juga: Tyas Murtiningsih masuk final 100 meter putri usai pecahkan rekor PON 

Prestasi yang ditorehkan Tyas terbilang gemilang, mengingat pada penyelenggaraan PON 2016 di Jawa Barat, ia bahkan gagal menembus babak final.

Tyas mengaku telah melakukan persiapan yang lebih matang untuk keikutsertaannya di PON kali ini. Catatan waktu yang dia torehkan pada babak pertama itu merupakan buah dari latihan yang dijalani setiap hari.

"Dari hasil latihan hari-hari memang sudah ditargetkan sudah bisa lari segitu. Insya Allah, nanti di final saya bisa mempertahankan atau bahkan mungkin mempertajam lagi," kata peraih medali emas kejuaraan nasional atletik 2018 itu.

Di final, Tyas akan menghadapi beberapa sprinter nasional lainnya, di antaranya atlet DKI Jakarta Jeany Nuraini, atlet Jawa Barat Erna Nuryanti, atlet Bengkulu Hasruni dan atlet Maluku Alvin Tehupeiory.

"Mudah-mudahan bisa memenuhi target. Target di PON ini langsung dapat medali," harap Tyas.

Babak final nomor 100 meter putri akan digelar pada Rabu pukul 16.00 WIT.

Selain nomor 100 meter putri, hari kedua penyelenggaraan cabang olahraga atletik juga akan mempertandingkan sejumlah final, di antaranya nomor 100 meter putra, tolak peluru putra, lontar martil putri dan lompat jangkit putri. 

Baca juga: Jadwal atletik PON Papua: Lalu Mohammad Zohri turun di nomor 100 meter 

Baca juga: Rio Maholtra raih emas 110 meter gawang putra PON Papua 

Baca juga: Lompatan 7,58 meter antar Sapwaturrahman raih emas lompat jauh putra 

 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Slamet Wahyu pecahkan rekornas para atletik Peparnas dua kali

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar