Samarinda (ANTARA News) - Penyanyi legendaris yang terkenal mencipta lagu-lagu bertema lingkungan dan kritik sosial, Iwan Fals, pagi ini turut penanaman satu juta pohon yang serentak dilakukan di seluruh Kalimantan Timur yang seremoninya dilakukan Gubernur Awang Faroek Ishak di Komplek Stadion Utama Palaran.

Iwan Fals ikut menanam beberapa bibit pohon. Sebelum dan sesudah menanam bibit pohon, Iwan ramah menjabat tangan para penggemarnya yang banyak diantaranya meminta foto bersama dengan Iwan.

"Kami sengaja mengundang Iwan Fals untuk datang di acara penaman pohon ini, salah satu tujuannya adalah mengajak warga pecinta lagu-lagu Iwan Fals agar semakin sadar menjaga lingkungan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim M Jauhar Efendi di Samarinda, Sabtu.

Kehadiran Iwan Fals semakin menyemarakan kegiatan penghijauan itu. Sejumlah warga semula hanya ingin menyaksikan Iwan melantunkan lagi, namun begitu sang idola turut menaman pohon, mereka pun kut menanam.

Jumlah pohon yang ditanam di Kompleks Stadion Utama Palaran ini 2.000 batang bibit pohon, sedangkan yang ditanam di kawasan Kebun Raya Unmul Samarinda 1.500 batang pohon.

Selain di Samarinda, bibit-bibit pohon lainnya juga ditanam di 13 kabupaten dan kota lainnya di provinsi ini, sehingga total pohon yang ditarget mencapai satu juta pohon.

Jauhar menargetkan gerakan penanaman satu juta pohon hari ini mampu menambah jumlah pohon yang ditanam menjadi 17,5 juta pohon.

Dia melanjutkan, sejak gerakan penghijauan bersemboyan "Satu orang menaman 5 pohon" pada 7 Januari 2010, berdasarkan laporan dari sejumlah daerah, telah tertanam 2,9 juta pohon.

Jumlah itu belum termasuk di Kabupaten Kutai Barat, Berau, Malinau, Nunukan dan Kabupaten Tana Tidung karena lima daerah ini belum melaporkan jumlah pohon yang telah ditanam sejak 2010. (*)


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011