Cara mengatur ulang tubuh setelah liburan

Cara mengatur ulang tubuh setelah liburan

Ilustrasi - Liburan. ANTARA/Pixabay.

Jakarta (ANTARA) - Bagi sebagian orang, liburan atau rehat sejenak dari dunia pekerjaan bisa membantu mengistirahatkan pikiran dan tubuh, tetapi kadang kesulitan kembali ke jadwal reguler setelah liburan usai, menurut dokter Ayurveda asal India, Dr Nitika Kohli.

"Liburan bisa sangat sulit untuk jadwal sehat kita. Kita akhirnya mengeluh liburan telah mengganggu hidup dan membuat kita malas. Selain itu, butuh berhari-hari untuk beradaptasi dengan rutinitas sehat yang sebelumnya diikuti," kata dia seperti dikutip dari Indian Express, Rabu.

Dia pun membagikan langkah-langkah untuk membantu Anda mengatur ulang jadwal sehat tubuh Anda setelah liburan. Pertama, alih-alih meraih ponsel segera setelah bangun, cobalah untuk mendetoksifikasi diri Anda sendiri.

Anda bisa melakukan meditasi setidaknya 30 menit di pagi hari setelah liburan. Bermeditasi di pagi hari memberi pikiran Anda ruang dan istirahat sekaligus bersiap menghadapi petualangan di masa depan.

Selain itu, coba buat jadwal baru dan perlahan mulai mengisi hari Anda dengan pekerjaan. Alih-alih langsung mengerjakan semua pekerjaan yang tertunda, mulailah dengan rencana untuk menyelesaikan semua tugas berdasarkan prioritas.

Tambahkan minuman air lemon hangat dalam ritual pagi Anda dan berhentilah dari pola tidur panjang di pagi hari.

Terakhir, seimbangkan diet Anda dan konsumsilah makanan sehat yang mudah dicerna dan rendah lemak.



Baca juga: Membentuk tubuh bugar dan sehat dengan "sports therapy"

Baca juga: Alasan kacang hitam perlu masuk dalam menu harian

Baca juga: Empat cara detoks tubuh untuk pencernaan lebih sehat

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menkes punya 3 hipotesis penyebab naiknya positivity rate usai liburan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar