Kami masih menunggu hingga besok Minggu (30/1). Jika dia tetap tidak datang, maka untuk keputusan akhirnya di tangan Alfred Riedl
Jakarta (ANTARA News) - Gelandang lincah Oktovianus Maniani tetap berpeluang memperkuat Timnas Pra Olimpiade melawan Turkmenistan di Stadion Jakabaring Palembang, 23 Februari 2011 meski dia meninggalkan pelatnas untuk bergabung dengan klubnya, Sriwijaya FC.

"Hingga saat ini Okto masih tercatat dalam 25 pemain yang dinyatakan lolos seleksi. Tapi apakah masuk daftar pemain yang akan dimasukkan ke Komite Olimpiade, itu keputusan dari pelatih," kata Deputi Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif di sela pelatnas di Lapangan PSSI di Senayan, Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, dengan meninggalkan pelatnas maka pemain itu telah indispliner sehingga harus menerima konsekuensinya yaitu sanksi.

Sanksi yang akan diterima Okto, kata dia, akan berasal dari dua pihak yaitu dari pelatih dan dari PSSI sebagai induk sepakbola Indonesia.

"Kami masih menunggu hingga besok Minggu (30/1). Jika dia tetap tidak datang, maka untuk keputusan akhirnya di tangan Alfred Riedl. Apakah dia tetap masuk atau tidak," katanya.

Iman menjelaskan, Okto terbang ke Papua untuk memperkuat klubnya saat menghadapi Persipura Jayapura pada lanjutan Indonesia Super League (ISL), Minggu (30/1) atas sepengetahuannya.

Hanya saja, keputusan keberangkatan diputuskan sendiri oleh pemain asli Papua itu.

"Yang jelas data pemain akan segera kami kirimkan ke Komite Olimpiade. Saat ini data telah ada tinggal menunggu keputusan akhir dari pelatih," kata Presdir Indonesia Football Academy (IFA) itu.

Kaburnya Okto dari pelatnas mulai Kamis malam (27/1) membuat berang pelatih Alfred Riedl dan mengancam akan memberikan sanksi tegas kepasa pemain Sriwijaya FC itu karena dinilai indisipliner.

"Saya tidak akan menunggu pemain yang sudah kabur," katanya tegas, usai latihan di Lapangan PSSI di Senayan.

Menurutnya, sepakbola adalah permainan tim sehingga tidak hanya tergantung pada satu pemain. Untuk itu pihaknya akan memilih pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim.

Pada pelatnas di Lapangan PSSI, Senayan, masih ada 25 pemain yang terus dipantau kesiapannya yang didalamnya terdapat satu pemain keturunan, Diego Michiels. Dari jumlah itu akan dikerucutkan menjadi 18 pemain untuk menjadi tim inti Pra-Olimpiade saat menghadapi Turkmenistan.(*)

B016/F002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011