counter

Gebyar Musik Satu Miliar Pohon di Sergai

Pantai Cermin  (ANTARA News) - Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, menggelar "gebyar musik satu miliar pohon" yang berlangsung di kawasan wisata bahari Theme Park, Kecamatan Pantai Cermin, 29-30 Januari 2011.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Serdang Bedagai (Sergai), Indra Syahrin di Pantai Cermin, Minggu, mengatakan, kegiatan penghijauan bernuasa hiburan tersebut digelar untuk lebih menggairahkan kesadaran masyarakat terutama generasi muda dalam mempertahankan kelestarian alam, di antaranya dengan membudayakan penanaman pohon.

Gebyar musik satu miliar pohon yang dibuka Wakil Bupati Sergai, Soekirman itu turut disemarakkan dengan festival band yang diikuti sekitar 25 grup band remaja dari beberapa daerah di antaranya tuan rumah Sergai, Kabupaten Deli Serdang, Asahan, Kota Medan, Tebing Tinggi, Binjai dan Pematang Siantar.

"Melalui `gebyar musik satu miliar pohon` ini, semangat dan kepedulian para generasi muda dan remaja untuk menjaga kelestarian alam dan menanam pohon di Serdang bedagai semakin meningkat lagi," ujarnya.

Kegiatan penanaman pohon yang dipelopori KNPI Sergai tersebut, lanjut dia, berkaitan erat dengan program pemberdayaan masyarakat yang dewasa ini giat dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai, antara lain di bidang pelestarian lingkungan dan penanaman pohon mulai dari kecamatan hingga pelosok desa.

Dia mengakui, semangat menanam pohon melalui gerakan penanaman satu miliar pohon  perlu terus ditumbuhkembangkan di kalangan generasi muda dalam upaya mengantisipasi ancaman kerusakan lingkungan yang lebih serius di masa mendatang.

Terkait dengan program penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan pemerintah mulai tahun 2010, lanjut dia, di Kabupaten Sergai saat ini telah didirikan kebun pembibitan binaan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) setempat.

"Bila kegiatan pembibitan pohon untuk penghijauan itu nantinya berkembang sesuai dengan sasaran yang direncanakan, tidak tertutup kemungkinan Kabupaten Serdang Bedagai bisa menjadi daerah percontohan bagi daerah lain di bidang upaya pelestarian hutan secara berkesinambungan" kata Indra.
(KR-JRD/M034/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Luhut minta petani kurangi penanaman sayur di hulu Citarum

Komentar