Setelah berbicara dengan perusahaan AS di Batam, banyak peluang perusahaan Amerika untuk mengembangkan dirinya atau investor untuk datang kesini
Batam (ANTARA) - Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Gordon Church menjajaki investasi dan peningkatan kerja sama bilateral di Kepulauan Riau dalam kunjungannya ke provinsi itu.

"Setelah berbicara dengan perusahaan AS di Batam, banyak peluang perusahaan Amerika untuk mengembangkan dirinya atau investor untuk datang kesini," kata Gordon Church ditemui ANTARA di Batam, Kepri, Rabu.

Apalagi beberapa daerah di Kepri merupakan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas, yang memiliki banyak potensi investasi.

Gordon Church memilih Kepri sebagai daerah di Sumatera pertama yang dikunjunginya selain Medan, Sumatera Utara.

Menurut dia, Kepri merupakan wilayah yang memiliki arti penting, karena berbagai potensi ekonomi yang dimiliki.

"Ini yang pertama, dan saya akan datang lagi," kata dia.

Di Batam, terdapat sejumlah perusahaan AS yang menanamkan investasinya. Tiga yang terbesar di antaranya Caterpillar yang mempekerjakan sekitar 1.000 pekerja, McDermott dengan sekitar delapan ribu pekerja, dan Apple Academy.

"Saya melihat Kepri sebagai daerah yang strategis dan akan berkembang semakin pesat dalam waktu dekat. Kami berharap bisa mengambil peran dalam menjadikan Kepri sebagai hub maritim dan perdagangan bebas internasional," kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan tertarik dengan budaya dan keindahan alam di Kepri serta potensi pariwisata di provinsi kepulauan itu.

Pada kunjungannya ke Kepri, Konsul bertemu dengan perwakilan perusahaan AS yang berinvestasi dan beraktivitas di Batam.

Selain bidang ekonomi, AS dan Indonesia di Kepri bekerja sama dengan erat di bidang keamanan dan pertahanan.

AS turut mendukung pembangunan pusat pelatihan Bakamla di Batam, juga mengadakan latihan bersama antara Coast Guard AS dengan Bakamla.

AS juga menyokong pelatihan 150 jurnalis di Kepri untuk meningkatkan wawasan kemaritiman.


Baca juga: Gubernur Kepri janji permudah investasi demi pulihkan ekonomi
Baca juga: 10 investor serahkan pernyataan minat investasi Jembatan Batam-Bintan
Baca juga: Industri MRO Amerika minat investasi di Batam

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021