Jayapura (ANTARA News) - Tim Persipura Jayapura semakin memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara Liga Super Indonesia setelah dengan susah payah berhasil mengalahkan tamunya Sriwijaya FC 3-2 di stadion Mandala Jayapura, Minggu.

Gol bagi kemenangan Persipura masing-masing dicetak melalui tendangan penalti Boaz Solossa menit ke-19, Tinus Pae menit ke-84 dan Lukas Mandowen menit ke-87.

Sementara gol bagi Sriwijaya FC diciptakan pemainnya Okto Maniani menit ke -41 dan Rudi Widodo menit ke-64.

Pertandingan babak pertama yang dipimpin wasit Setiyono dari PSSI berlangsung sengit dan saling jual beli serangan dengan tempo yang relative cepat. Sriwijaya yang bertindak sebagai tim tamu terlihat lebih banyak dibuat bertahan.

Tak ingin malu di depan publiknya, Persipura yang kembali diperkuat kapten tim yang juga top skor sementara Liga Super Indonesia (LSI), Boas Sollosa, mulai menyerang pertahanan tim tamu Sriwijaya FC yang dikawal ketat para pemainnya.

Boas Sollosa dan Rahmat Rivai yang dipasang pelatih Jaksen Tiago sebagai penyerang depan membuat pemain belakang tim tamu tampak kewalahan. Baru dimenit ke-19, berawal dari umpan yang dilepaskan Boas Sollosa, Rahmat Rivai yang mengontrol bola dilanggar pemain belakang Sriwijaya sehingga wasit menunjuk titik putih tanda penalti.

Boas Sollosa yang mengeksekusi penalti berhasil dengan sempurna mengecoh penjaga gawang Ferry Rotinsulu sehingga mengubah skor menjadi 1-0. Usai gol tercipta banyak peluang yang dibuat Persipura namun kurang maksimal dalam penyelesaian akhir.

Keasyikan menyerang, pendukung Persipura justru dibuat diam dengan gol balasan Sriwijaya FC lewat sundulan pemain asal Papuanya, Okto Maniani menit ke-41.

Kedudukan imbang 1-1 menutup jalannya babak pertama.

Memasuki babak ke-dua, Persipura yang memburu kemenangan tampak lebih banyak melakukan penyerangan. Pelatih Jaksen Tiago bahkan mengganti Rahmat Rivai dengan Lukas Mandowen untuk menambah daya serang tim.

Keasyikan menyerang, Justru gawang Persipura dibobol oleh pemain Rudi Widodo menit ke-64 lewat serangan balik cepat.

Tertinggal satu gol, pelatih Jaksen Tiago kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukan Tinus Pae dan Johanis Tjoe menggantikan Gerald Pangkali dan Imanuel Wanggai.

Hasilnya kerjasama Lukas Mandowen dan Boas Sollosa berhasil menjadi gol setelah Tinus Pae yang berdiri bebas, sukses mengecoh Ferry Rotinsulu dimenit ke-84.

Gol kemenangan tuan rumah Persipura terjadi tiga menit berikutnya, setelah pemain bertubuh mungil tuan rumah, Lukas Mandowen melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti yang gagal ditepis penjaga gawang.

Kedudukan 3-2 bagi keunggulan Persipura bertahan hingga wasit meniup peluit tanda akhir pertandingan.

Pelatih Persipura Jayapura, Jaksen Tiago mengaku cukup puas dengan hasil yang didapat anak asuhnya.

"Saya sejak awal sudah memperingatkan pemain agar jangan anggap enteng lawan dan mengawal setiap pergerakannya. Anak-anak bermain sangat baik. akhirnya kami bisa memenangkan pertandingan ini, walau sempat ketinggalan" kata Jaksen seraya menambahkan hasil ini akan menjadi bahan evaluasi tim.

Sementara pelatih Sriwijaya FC, Ivan Kolev, mengaku banyak kekurangan yang harus dibenahi tim, melihat penampilan anak asuhnya.

"Setelah unggul pemain justru tidak mengikuti arahan saya yang meminta terus mengawal lawan dan menyerang. Mereka justru turun bertahan. Hasilnya dua gol kembali bersarang digawang kami. Selamat buat Persipura, mereka tim kuat dan layak jadi juara," katanya.(*)
(T.KR-MBK/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011