Pembukaan fasilitas pusat kebugaran dengan kapasitas 25 persen, konter makanan dan minuman di bioskop boleh buka, namun kapasitas penonton tetap 50 persen, serta dibukanya kompetisi basket remaja Honda DBL di Jakarta dan Surabaya
Jakarta (ANTARA) - Kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia Honda Developmental Basketball League (DBL) 2021-2022 akan digelar 7 Oktober 2021, mengacu pada terbitnya Instruksi Mendagri (Inmendagri) 47/2021.

"Pembukaan fasilitas pusat kebugaran dengan kapasitas 25 persen, konter makanan dan minuman di bioskop boleh buka, namun kapasitas penonton tetap 50 persen, serta dibukanya kompetisi basket remaja Honda DBL di Jakarta dan Surabaya," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dapat digelarnya DBL 2021-2022 berkaca pada angka laju penularan COVID-19 yang mulai terkendali, sesuai Inmendagri yang diterbitkan pada 5 Oktober dan ditandatangani Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Baca juga: Erick Thohir jenguk mantan pebasket Jacklien Ibo saat tinjau PON Papua

Luhut mengatakan berbagai pencapaian penurunan PPKM Level 1, 2, 3, dan 4 harus disyukuri. Kendati demikian, Luhut mengingatkan untuk tetap waspada akan risiko penularan COVID-19 dan tak terjebak euforia berlebihan.

"Bapak Wakil Presiden mengingatkan agar kita tetap waspada dan hati-hati. Risiko peningkatan kasus masih tinggi, dan dapat terjadi kembali sewaktu-waktu. Pemerintah dalam hal ini tidak mau berjumawa dan terus memohon kepada masyarakat agar tidak euforia berlebihan yang pada akhirnya mengabaikan segala bentuk protokol kesehatan," kata dia.

Sementara itu, CEO dan Founder DBL Indonesia Azrul Ananda mengatakan pihaknya mengajukan diri untuk menjadi bagian pengujian penyelenggaran kompetisi olahraga dan bersedia mengikuti protokol kesehatan.

"Ketika bertemu dengan Pak Luhut, Pak Menpora Zainudin Amali, serta para petinggi lain, kami selalu mengajukan diri untuk dijadikan kelinci percobaan. Liga 1 adalah contoh pelaksanaan tingkat profesional, namun itu sangat sulit diterapkan untuk level lebih grassroot. Kami bangga, DBL adalah kompetisi pertama yang menjadi percontohan itu. Bahkan dimulainya lagi DBL sudah disampaikan langsung oleh Bapak Luhut," ujar Azrul.

Menurutnya, penyelenggaraan liga DBL memang belum bisa terbuka secara umum seperti sebelum pandemi. Sebab, protokol kesehatan harus tetap diterapkan.

"Jadi kami mohon maaf kepada banyak anak yang belum bisa menikmati DBL seperti sebelum pandemi. Tapi, kami akan berupaya maksimal supaya Honda DBL tahun ini berlangsung lancar. Karena itu akan memudahkan kembalinya kompetisi yang lebih normal di kemudian hari," katanya.

Baca juga: Luhut restui rencana IBL gelar kompetisi di beberapa kota

Rencananya, DBL Indonesia akan menayangkan seluruh pertandingan secara livestream dan gratis di aplikasi DBL Play dan Youtube DBL Play.

Dengan asumsi penyelenggaraan di setiap kota berjalan dengan baik, akan ada 500 livestream pertandingan basket yang ditayangkan dan menjadi tayangan liga olahraga terbanyak di Indonesia.

Vice President DBL Indonesia Donny Rahardian menyatakan minat yang luar biasa tampak dari para atlet pelajar di Jakarta dan Surabaya. Meski dengan jangka waktu yang relatif singkat, slot pendaftaran untuk Honda DBL sudah terpenuhi dan setiap peserta memenuhi syarat dua kali vaksin.

Bahkan untuk penyelenggaraan DBL di Surabaya, panitia harus menambah kapasitas slot pendaftaran karena antusiasme yang membludak dari atlet pelajar.

"Sebenarnya penambahan jumlah slot pendaftaran ini bukan hal yang mudah untuk kami sebagai penyelenggara. Sebab, ini berarti penambahan protokol ketat yang sudah menjadi komitmen kuat kami. Tapi, minat peserta yang luar biasa dan komitmen mereka yang kuat untuk juga taat protokol, membuat kami mengambil keputusan penambahan itu," ujarnya.

Menurut dia, usai penyelenggaraan di DKI Jakarta dan Surabaya, DBL Indonesia akan terus bergerak ke provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Apabila seluruh provinsi telah dianggap siap oleh pemerintah untuk menyelenggarakan Honda DBL, penyelenggara merencanakan liga ini bisa berjalan di 20 provinsi, dari Aceh sampai Papua. Informasi terbaru mengenai penyelenggaraan masing-masing provinsi bisa diikuti di aplikasi DBL Play.

Baca juga: Menkes beri catatan untuk penyelenggaraan IBL 2022

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021