Jayapura (ANTARA) - Jawa Timur kembali mengawinkan emas dalam lomba selam kolam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dan kali ini giliran nomor 800 meter surface yang berlangsung di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Kamis pagi WIT.

Pada sektor putra, Bima Dea Sakti Antono menunjukkan ketahanan dan kecepatan tubuh terbaik. Dia finis terdepan dengan catatan waktu 6 menit 59,12 detik.

Catatan waktu tersebut sebenarnya tak lebih baik dari yang terdaftar sebelumnya, 6 menit 48,23 detik. Selain itu, dia juga belum mampu memecahkan rekor milik Reinhard Tomel pada PON 2012 di Riau dengan 6 menit 47,19 detik.

Baca juga: Emas terakhir renang artistik PON Papua, empat tim bersaing hari ini

Pada lomba kali ini Dea mengalahkan wakil DKI Jakarta Sheva Bima Firmansyah yang finis  urutan kedua dengan catatan waktu 7 menit, 12,91 detik. Sementara posisi ketiga ditempati Oktab Dewa Devana Taufiq dari Jawa Barat dengan 7 menit 23,27 detik.

Sementara itu pada sektor putri, Jawa Timur juga memastikan emas pada nomor 800 meter surface melalui Andhini Muthia Maulida yang mencatatkan waktu tercepat 7 menit 25,95 detik.

Dia mengalahkan wakil Jawa Barat Oza Feby Mulyani yang finis posisi kedua dengan catatan waktu 7 menit 31,75 detik. Adapun posisi ketiga diraih Amartha Latifa Rahndevi dari Banten dengan catatan waktu 8 menit 01,23 detik.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021