Meksiko pulangkan 129 migran lagi ke Haiti

Meksiko pulangkan 129  migran lagi  ke Haiti

Migran Haiti yang mencari perlindungan di AS terlihat di luar tempat penampungan Casa INDI saat mereka menunggu untuk diproses oleh Komisi Bantuan untuk Pengungsi Meksiko (COMAR), di Monterrey, Meksiko, Senin (4/10/2021). Gambar diambil (4/10/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Daniel Becerril/FOC/sa.

Mexico City (ANTARA) - Meksiko memulangkan 129 migran lagi ke Haiti dengan pesawat pada Rabu (6/10), kata para pejabat.

Tindakan itu dilakukan setelah Meksiko memulai penerbangan ke ibu kota Port-au-Prince itu pekan lalu di tengah lonjakan migran Haiti yang bergerak ke perbatasan AS melalui Meksiko.

Amerika Serikat telah membersihkan kamp di perbatasan Meksiko di Del Rio, Texas dari ribuan migran Haiti dalam beberapa hari terakhir, sebagian melalui pengusiran ke Haiti. Ribuan migran lainnya kembali ke Meksiko.


Baca juga: Ratusan migran di Meksiko berebut permohonan suaka

Meksiko minggu lalu melakukan apa yang disebut sebagai penerbangan "pulang sukarela" ke Haiti dengan sebanyak 70 orang, termasuk 13 anak-anak.

Penerbangan Rabu berangkat dari kota selatan Tapachula dekat perbatasan dengan Guatemala dan merupakan bagian dari kesepakatan antara pemerintah Meksiko dan Haiti, kata lembaga migrasi Meksiko dalam sebuah pernyataan.

Kelompok hak asasi manusia Fray Matias de Cordova menentang penerbangan tersebut, dengan mengatakan dalam sebuah unggahan bahwa mendeportasi orang ke negara yang pemerintahannya tidak dapat menjamin air, perumahan, makanan, dan keamanan akan membahayakan nyawa.

Sumber: Reuters

Baca juga: Taiwan sebut hubungannya dengan China terburuk dalam 40 tahun


Baca juga: Malaysia bergerak bersama ASEAN atasi pengungsi Rohingnya

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Perbatasan AS-Meksiko kembali dibuka setelah 20 bulan ditutup

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar