Kupang (ANTARA) - Peraih medali emas cabang olahraga Muay Thai di PON XX Papua asal asal NTT Susanti Ndatapaka dapatkan banyak tawaran menarik dari sejumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Kupang setelah video penyambutan dengan menaiki kendaraan pikap ramai di media sosial.

Pemilik kedai Kopi Mons Flyander Riberu kepada ANTARA di Kupang, Kamis pagi ketika dihubungi mengatakan bahwa sebagai bentuk apresiasi kepada Susan, pihaknya sudah menawarkan penawaran menarik bagi penyumbang medali emas pertama bagi NTT itu.

"Kami tawarkan kepada Susan untuk seumur hidupnya minum Kopi gratis di kedai kami," katanya.

UMKM Kedai Kopi Mons ini juga dalam unggahannya di akun instagramnya sudah langsung, menawarkan Susan untuk minum kopi gratis seumur hidup baginya setelah mendulang emas di ajang PON itu.

Flyander juga mengatakan bahwa tak banyak yang bisa diberikan kepada Susan, namun dari kekurangan yang ada dirinya berharap agar Susan dapat menerimanya.

"Itu sebagai bentuk apresiasi kami kepada atlet kami yang telah membanggakan NTT harus lebih tetapi kami hanya bisa memberikan yang sebisa kami walaupun tidak seberapa," ujar dia.

Iapun berharap dengan kepedulian itu setidaknya Susan dan atlet NTT yang lainnya yang berlaga di PON Papua tahu bahwa tidak hanya pemerintah yang mendukung perjuangan mereka tetapi ada juga masyarakat di NTT yang selalu mendukung mereka.

Selain Kopi Mons ada juga tawaran makan gratis dari UMKM Kuliner Kepiting di Kota Kupang kepada Susan. Tak tanggung-tanggung pemiliknya menawarkan makan gratis bagi susan dan keluarganya di kedai tersebut.

"Sebenarnya hanya bentuk apresiasi dari kami saja. Kami merasa bahwa Susan memang patut diberikan apresiasi," kata pemilik Kedai Kuliner Kepiting Arpen.

Arpen mengaku jangka waktu tawaran makan gratis bagi Susan dan keluarganya itu belum ditentukan, namun rencananya akan sampai akhir tahun.

"Kami sudah direct message ke Susan tetapi belum ada jawaban. Kami masih menunggu jabawannya.

Tawaran menarik tak hanya datang dari para pelaku UMKM, ada juga tawaran menarik dari travel agen di Kota Kupang, yang menawarkan voucher trip jalan-jalan ke Pulau Komodo tiga hari dua malam, gratis tiket pesawat pulang pergi dan gratis menginap satu malam di salah satu hotel di Labuan Bajo.

Sementara itu Susan sendiri ketik dikonfirmasi belum memberikan jawabannya berkaitan dengan tawaran dari sejumlah pelaku UMKM di kota Kupang itu.

Baca juga: Jabar, Jateng dan Sulsel sabet emas muaythai, Papua perak
Baca juga: Atlet muaythai Aceh dihadiahi sepeda motor usai raih emas PON Papua

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021