London (ANTARA News) - Sebuah lukisan potret Rembrandt, salah satu karya terakhir pelukis legenda Belanda dijual pada pameran seni Maastricht TEFAF akhir tahun ini sebesar 47 juta dolar AS.

Lukisan "Portrait of a Man With Arms" baru-baru ini dilelang pada 2009, ketika itu (lukisan) memecahkan rekor penjualan senilai 20,2 juta poundsterling atau 33 juta dolar AS, di Pelelangan Christie di London, sebagaimana dikutip dari Reuters Life!

Saat ini yang baru berminat membeli lukisan adalah pemilik kasino Stephen Wynn, walaupun dealer Manhattan Otto Naumann juga tertarik membelinya, menurut New York Times.

Namun pameran seni kali ini diselenggarakan oleh Naumann menurut perusahaan PR Cawdell Douglas yang mewakili TEFAF. Acara itu digelar dari 18-27 Maret.

Sejak 2009, "lukisan itu telah dirawat " dalam sebuah pernyataan Cawdell Douglas.

Ahli seni mengatakan harga yang diminta pasti tinggi mengingat proses perawatannya dan nilai karya seni itu di pasar meningkat pada 2010.

Lukisan itu dibuat pada 1658 yang juga menandai masa-masa sulit karier Rembrandt.

Rembrandt Harmenszoon van Rijn menikmati kesuksesannya setelah tiba di Amsterdam pada awal 1630an, tapi gaya hidupnya yang boros dan salah mengatur keuangan menyebabkannya ia bangkrut pada 1656.

Koleksi seninya, harta bendanya dan rumahnya dijual dan tampaknya ada beberapa komisi lukisan untuknya. Selain itu lukisan "Portrait of a Man With Arms Akimbo", hanya salah satu karya yang dikenal pada 1658.

TEFAF 2011 akan menampilkan lebih dari 30 ribu karya seni dari 260 peserta pameran.(*)

 

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011