Jayapura (ANTARA) - DKI Jakarta berhasil meraih satu medali emas sekaligus menjegal ambisi sapu bersih Jawa Timur pada hari terakhir lomba selam kolam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Dalam lomba yang berlangsung di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Kamis, DKI Jakarta menjadi yang terbaik pada nomor 4x100 meter bifin putra.

Andityo Pangoro, Marcello Hutasuhut, Farhan Amran, dan Sheva Bima Firmansyah meraih catatan waktu tercepat dengan 2 menit 24,98 detik.

Mereka mengalahkan Jawa Timur yang diperkuat, Guntur Pratama Putra, Mochamad Farid Ainun Najib, Nadim Isaad, dan Petrol Apostle Kambey yang finis kedua dengan catatan waktu 2 menit 58,52 detik.

Posisi ketiga atau perunggu diraih Jawa Barat dengan catatan waktu 3 menit 04,11 detik. Mereka diperkuat I Kadek Darmawan, I Putu Bayu Ardhya Satrio, Athalarik, dan Ichwan Ramadhan Mulyono.

Sementara itu pada nomor 4x100 bifin putri, Jawa Timur kembali menjadi pemenang dengan catatan waktu 3 menit 25,03 detik.

Baca juga: Hari pertama selam kolam, satu rekor terpecahkan di PON Papua

Pada nomor 4x100 bifin putri, Jawa Timur menurunkan Monica Kinanti, Nafa Amadea, Nadia Kusumawardhani, Janis Rosalita Suprianto.

Sementara DKI Jakarta harus puas dengan perak. Alicia Shapira, Theresa Nadia, Alyssa Dwi Septya Kamal, dan Joanita Mutiara Hapsari mencatatkan waktu 3 menit 27,58 detik.

Adapun perunggu diraih Jawa Barat yang menurunkan Oza Feby Mulyani, Raqiel Az-Zahra, Tio Galuh Maharani Putri, dan Dheya Nazhira Nurmalina dengan catatan waktu 3 menit 29,13 detik.

Nomor 4x100 bifin putri sekaligus menutup seluruh rangkaian perlombaan selam kolam.

Pada hari terakhir, Jawa Timur mengantongi lima medali emas. Sebelumnya, Jawa Timur mendominasi nomor 800 meter surface putra dan putri, serta 50 meter apnea putra dan putri.

Khusus untuk 50 meter apnea putri, Jawa Timur meraih emas bersama dengan tuan rumah Papua karena kedua atlet mereka menyentuh garis finis secara bersamaan.

Baca juga: Papua dan Jawa Timur finis terdepan selam kolam 50m Apnea PON Papua
Baca juga: Jawa Timur kawinkan emas 800m surface selam kolam PON Papua

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021