Merauke (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Djoinaldy mengingatkan seluruh atlet yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021 agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalkan penyebaran virus COVID-19.

"Jangan sampai atlet-atlet kita terdampak penyebaran Covid-19 karena tentunya akan berdampak bagi kepentingan kontingen Sumbar sendiri. Jadi, adik-adik kita atlet tetap lah untuk selalu patuh pada protokol kesehatan," katanya dalam keterangan tertulis di Merauke, Kamis.

Dia juga meminta para pelatih dan ofisial tim juga melakukan hal serupa dan mereka diminta untuk menjadi contoh bagi atlet dalam hal penerapan protokol kesehatan.

Menurut dia apabila pelatih dan ofisial sudah bisa menerapkan disiplin protokol kesehatan maka atletnya pasti ikut.

"Para pelatih dan ofisial mesti menjadi tauladan untuk dicontoh atlet dalam hal penerapan protokol kesehatan. Mereka yang bisa mengontrol kegiatan atletnya, baik dalam berinteraksi dalam kelompok kecil maupun saat berkumpul dengan kontingen lain yang bisa saja interaksinya di mess ataupun venue," kata dia.

Wagub Sumbar Audy sendiri hampir sepekan berada di Papua memberikan dukungan untuk atlet.

PB PON juga diminta untuk memperketat protokol kesehatan menyusul terjangkitnya sejumlah atlet dan ofisial di pesta Olahraga paling akbar di Tanah Air itu.

"Jadi, atas kondisi demikian, kami mewanti-wanti kontingen Sumbar jangan sampai ada yang terpapar Covid-19," kata Audy.

Baca juga: Pemprov Papua tinjau ulang penanganan COVID atlet terpapar
Baca juga: Kepala BNPB yakin pengendalian COVID-19 di PON XX Papua berjalan baik
Baca juga: Personel Satgas sisir penonton PON Papua di Auditorium Uncen


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021