Hal itu akan meningkatkan penerimaan negara yang dapat dipergunakan sebagai modal pembangunan nasional
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan Kesepakatan Paris (Paris Agreement) membuat dunia memasuki masa transisi energi yang dapat menciptakan pembangunan berkelanjutan ramah lingkungan.

“Pembangunan ke depan diarahkan untuk mempertahankan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, target penurunan emisi, dan kapasitas daya dukung sumber daya alam,” kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Pemerintah, lanjutnya, akan membuat kebijakan yang mengakomodasi nilai ekonomi karbon yang implementasinya akan dilakukan secara bertahap.

Meski pemerintah tengah berfokus menjaga pemulihan ekonomi Indonesia, Menko Airlangga mengatakan pemerintah tidak melupakan aspirasi jangka panjang, contohnya dalam menangani masalah pemanasan global akibat perubahan iklim.

Hal tersebut, kata dia, akan berdampak pada keharusan semua negara untuk melakukan transisi energi.

Baca juga: Pemerintah libatkan lembaga keuangan danai proyek energi hijau

Menurut Menko Airlangga, konsumsi energi ke depan perlu memperhatikan emisi karbon, sehingga kebijakan pemerintah mengarah pada pemberian insentif bagi penggunaan energi bersih seperti energi terbarukan. Lalu di saat yang sama, kata dia,  membuat kebijaksanaan disinsentif, bahkan menghentikan atau moratorium penggunaan energi fosil, khususnya yang beremisi karbon relatif tinggi.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa pengenaan pajak karbon juga tidak serta merta akan dilakukan, namun akan dilakukan secara bertahap melalui kajian dari berbagai aspek, baik ekonomi, sosial, maupun politis. dan akan melibatkan berbagai kalangan, termasuk sektor swasta.

“Pemerintah tidak bisa bergerak sendirian. Sektor swasta, akademisi serta organisasi wadah pemikir (think-tank), dan organisasi masyarakat sipil atau lembaga swadaya masyarakat, perlu bahu-membahu berkontribusi mendukung Pemerintah dalam menghasilkan kebijakan yang berorientasi jangka panjang, tetapi tak lupa mengatasi tantangan jangka pendek saat ini,” kata Menko Airlangga

Adapun saat ini harga gas dan batu bara di pasar energi dunia tengah meroket, disusul kenaikan harga minyak. Hal tersebut menyebabkan terjadinya krisis energi di Eropa, khususnya Inggris serta China.

“Pemerintah terus berupaya memperbaiki iklim investasi guna meningkatkan daya saing investasi di sektor energi melalui berbagai insentif. Hal itu akan meningkatkan penerimaan negara yang dapat dipergunakan sebagai modal pembangunan nasional,” kata  Menko Airlangga.

Baca juga: Menko Airlangga: Bioavtur J2.4 momentum kemajuan riset inovasi RI
 

 

 

 

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021