Jakarta (ANTARA) - Indonesia meraup potensi transaksi 7,15 juta dolar AS pada pameran kopi terbesar di Amerika Serikat Specialty Coffee Expo (SCE) 2021, dengan seduhan kopi Nusantara memikat pencinta kopi di New Orleans, tempat pameran tersebut digelar pada 1-3 Oktober 2021.

“Pameran SCE 2021 kali ini telah berhasil mencatatkan potensi transaksi kurang lebih senilai 7,15 juta dolar AS. Ini membuktikan bahwa produk specialty coffee Indonesia mampu bersaing di pasar dan diminati konsumen AS,” kata Atase Perdagangan (Atdag) Washington DC Wijayanto lewat keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Los Angeles Bayu Nugroho menambahkan potensi transaksi itu juga dipicu berkurangnya pasokan kopi dari Amerika Latin akibat pandemi COVID-19, gangguan cuaca, dan hama di ladang kopi Amerika Selatan. 

“Hal ini mendorong importir kopi AS untuk mencari suplai alternatif dari negara lainnya, termasuk Indonesia. Pada 2020 AS mengimpor kopi senilai 5,53 miliar dolar AS dari seluruh dunia,” kata Bayu.

Baca juga: Gelar observasi rasa, Kemendag genjot ekspor kopi Nusantara

Ia mengungkapkan AS merupakan pasar strategis untuk produk kopi Indonesia. Berdasarkan data dari Census Bureau, pada 2020 ekspor kopi Indonesia ke AS mencapai 234 juta dolar AS dan hingga Agustus 2021 telah mencapai 135,5 juta dolar AS.

“Tingginya ekspor kopi Indonesia membuktikan bahwa AS merupakan pasar strategis. Melalui keikutsertaan Indonesia dalam SCE 2021 ini diharapkan ekspor produk kopi Indonesia ke AS semakin meningkat,” kata Bayu.

Kepala ITPC Chicago Iska Huberta Sinurat menambahkan pada SEC 2021 Indonesia menempati stan nomor 1119 seluas 400 ft2 dengan mengusung tema “Remarkable Indonesian Coffee: Home of World’s Finest Coffee”.

Kopi yang dipamerkan, kata dia, merupakan kopi terbaik yang berasal dari Aceh, Medan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Flores, dan Bali. Pada ajang ini, Indonesia mempromosikan kopi melalui kegiatan icip kopi dan penjajakan kesepakatan dagang.

Konjen RI Houston Andre Omar Siregar turut menambahkan Indonesia selalu berpartisipasi dalam pameran SCE setiap tahunnya untuk mempromosikan kopi terbaik di pasar AS yang mengangkat citra Indonesia sebagai negara penghasil kopi dengan cita rasa dan kualitas tinggi.

Baca juga: Kemendag perkuat eksistensi kopi Indonesia di Chicago

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021