Jayapura (ANTARA) - Tim-tim unggulan keluar sebagai juara grup untuk melaju ke semifinal bulu tangkis beregu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua setelah meraih kemenangan dalam pertandingan terakhir penyisihan di GOR Waringin, Jayapura, Kamis.

Di nomor beregu putra, unggulan teratas Jawa Barat kembali meraih kemenangan mutlak 5-0 atas Kalimantan Timur.

Atas kemenangan itu, tim Jawa Barat belum pernah kehilangan satu gim pun di babak penyisihan beregu PON Papua. Pada pertandingan pertama, Selasa (5/10), Jabar juga mencatatkan skor 5-0 saat berhadapan dengan tuan rumah Papua.

Di laga semifinal, Jumat (8/10), Jabar akan berhadapan dengan unggulan keempat Jawa Tengah yang keluar sebagai juara Grup B berkat kemenangan 3-2 atas Sulawesi Utara di pertandingan terakhir penyisihan.

Selain Jabar dan Sulawesi Utara, Jawa Timur sebagai unggulan ketiga juga telah memastikan tiket ke semifinal seusai menyingkirkan Banten dengan kemenangan tipis, 3-2.

DKI Jakarta juga masih terlalu tangguh untuk Bali. Tim ibu kota itu kembali menyapu bersih lima poin setelah pada pertandingan sebelumnya juga menang 5-0 atas Sumatera Utara.

Di partai semifinal, DKI Jakarta sebagai juara Grup C akan menghadapi juara Grup D, Jawa Timur.

Menanggapi semifinal besok, ganda putra DKI Jakarta Yeremia Erich Yoche yakin ia dan pasangannya bisa mengalahkan wakil Jawa Timur.

“Kalau saya lihat ganda putra Jawa Timur ada Reza (Pahlevi Isfahani) dari pelatnas, sedangkan partner-nya Reza (Calvin Khristanto) non-pelatnas. Karena kami latihan di pelatnas, jadi saya lebih yakin,” ujar Yeremia saat diwawancarai selepas pertandingan di Jayapura, Kamis.

Tak hanya di nomor beregu putra, beregu putri DKI Jakarta sebagai unggulan pertama juga memastikan diri ke semifinal setelah mengalahkan Banten 2-1 di pertandingan terakhir fase grup.

Ada pun Papua dan Bali, yang dihuni satu pemain pelatnas Cipayung, melaju ke babak semifinal setelah menang masing-masing atas Jawa Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Jawa Timur, yang meloloskan beregu putra ke semifinal, juga mengirimkan perwakilannya di semifinal beregu putri setelah menang mutlak 3-0 atas Jawa Barat.

Berikut hasil fase penyisihan grup bulu tangkis PON Papua, 7 Oktober:

Beregu putra

Jawa Barat vs Kalimantan Timur 4-1

Jawa Tengah vs Sulawesi Utara 3-2

Jawa Timur vs Banten 3-2

DKI Jakarta vs Bali 5-0

Beregu putri

DKI Jakarta vs Banten 2-1

Papua vs Jawa Tengah 2-1

Bali vs Sulawesi Tenggara 2-1

Jawa Timur vs Jawa Barat 3-0

Baca juga: Beregu putri DKI Jakarta menang di hari pertama bulu tangkis PON Papua
Baca juga: Arena bulu tangkis PON Papua dinilai layak menggelar Sirnas
Baca juga: Jabar dan DKI Jakarta dominasi beregu putra bulu tangkis
Baca juga: Persaingan bulu tangkis lebih merata tanpa atlet pelatnas utama


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021