Petugas PPSU bersihkan saluran air di Jakbar antisipasi banjir

Petugas PPSU bersihkan saluran air di Jakbar  antisipasi banjir

PPSU Tegal Alur membersihkan sampah pada saluran air di wilayahnya yang terdampak banjir rob di Jakarta, Senin (16/11/2020). ANTARA/HO-Sudin SDA Jakarta Barat.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat mengerahkan seluruh petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) untuk membersihkan saluran air di delapan kecamatan guna mengantisipasi banjir pada musim hujan.

"Pembagian tugasnya sudah dilihat, di mana letak dan lokasi yang perlu penanganan ekstra," kata Sekretaris Kota Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainnah, di GOR Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis.

Menurut Iin Mumainnah, petugas PPSU dan petugas sumber daya air (SDA) Jakarta Barat akan saling berkoordinasi untuk memantau titik saluran mana saja yang dipenuhi sampah.

"Pemantauan itu dilakukan setiap hari untuk memastikan seluruh saluran air bersih dari sampah," katanya.

Petugas PPSU, kata dia, juga akan fokus membersihkan jalanan dan beberapa fasilitas umum dari sampah plastik ataupun sampah organik.

Menurut Iin, untuk petugas PPSU belum ditetapkan titik mana saja yang menjadi prioritas. Semua lokasi di Jakarta Barat akan dipantau agar terhindar dari tumpukan sampah.

Baca juga: Sudin SDA siapkan personel untuk kuras saluran air

Sebelumnya, Sudin SDA Jakarta Barat juga telah menyiapkan personel khusus, berjumlah 75 hingga 90 orang, ditempatkan di setiap kecamatan, untuk memelihara dan membersihkan saluran air, guna mengantisipasi genangan saat musim hujan.

"Jadi personil khusus yang dibafi dalam empat kelompok bertugas membersihkan saluran air dan satu kelompok melakukan pemeliharaan," kata Kasudin SDA Jakarta Barat, Purwanti Suryandari, Kamis (2/9).

Menurut Purwanti, keberadaan personel tersebut sangat diperlukan untuk memastikan saluran air di setiap kecamatan tetap berfungsi.

Jika ada saluran air yang rusak, maka pasukan tersebut juga bertugas memelihara saluran air agar bisa digunakan kembali. "Di akhir pekan, pasukan tersebut diarahkan untuk melakukan kegiatan gerebek lumpur di bantaran sungai atau kali," katanya.

Baca juga: Pemkot Jakbar tingkatkan kapasitas saluran penghubung di Duri Kepa
Baca juga: Pemkot Jakbar rampungkan pekerjaan kolam olakan di Green Garden

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bertambah 8.077, kasus COVID-19 sentuh 4,3 juta jiwa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar