Jayapura (ANTARA) -
Kontingen Sulawesi Selatan meraih prestasi terbaik di renang artistik dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan perolehan satu emas, satu perak, dan satu perunggu.
 
Pencapaian ini meningkat dari PON edisi sebelumnya di Jawa Barat pada 2016. Kala itu, Sulawesi Selatan hanya berada  di urutan keempat dengan hanya meraih satu perunggu. Sedangkan DI Yogyakarta di PON Jawa Barat berada di posisi teratas dengan sapu bersih tiga medali emas.
 
Kini, Sulawesi Selatan yang mengandalkan atlet lokal berhasil menempati posisi teratas dalam daftar perolehan medali terbanyak.

Medali emas Sulawesi Selatan diraih pada nomor duet yang berlangsung di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Rabu (6/10/2021) melalui Mutiara Nur Azisah, Nabila Putri Giswatama, dan Nurfa Nurul Utami dengan nilai tertinggi yakni 71,52.
 
Sementara perak dan perunggu yang diraih Sulawesi Selatan masing-masing berasal dari tim dan nomor solo melalui Nurfa Nurul Utami.
 
Pelatih renang artistik Sulawesi Selatan, Shelvi Melowa, mengaku bangga dengan pencapaian anak didiknya. Terlebih, beberapa atlet lokal mereka masih berusia muda.
 
"Tentu saya bangga dengan mereka. Selama ini kami terus melakukan persiapan dan terus berlatih meski di tengah pandemi. Kini, mereka membuat Sulawesi Selatan bangga," kata Shelvi Melowa.
 
Sementara itu, Jawa Timur berada di urutan kedua dalam klasemen akhir perolehan medali renang artistik dengan satu emas dan satu perak.

Emas Jawa Timur diraih oleh Livia Lukito yang turun pada nomor solo. Kemudian perak diraih pada nomor duet melalui Livia Lukito dan Shabrina Septiherlita.
 
Adapun posisi ketiga ditempati DKI Jakarta yang meraih satu emas pada nomor team dan satu perunggu melalui nomor duet.
 
DI Yogyakarta yang pada edisi sebelumnya menyapu bersih tiga emas, di PON Papua justru hanya mampu finis di urutan keempat dengan satu perak melalui Nabilah Marwa K. Umarella yang turun pada nomor solo.
 
Berikut hasil perolehan medali renang artistik pada PON Papua (emas, perak, perunggu):
1. Sulawesi Selatan        (1-1-1)
2. Jawa Timur                 (1-1-0)
3. DKI Jakarta                 (1-0-1)
4. DI Yogyakarta              (0-1-0)

Baca juga: DKI tutup renang artistik PON Papua dengan medali emas
Baca juga: Emas terakhir renang artistik PON Papua, empat tim bersaing hari ini
Baca juga: Sulawesi Selatan raih emas nomor duet senam artistik PON Papua

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021