jamaah Indonesia bisa segera mendapat kesempatan
Jakarta (ANTARA) - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Hilman Latief mengunjungi Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta membahas kesiapan umrah saat pandemi.

"Kepada Dubes, saya menyampaikan bahwa jamaah Indonesia sudah merindukan proses umrah yang indah dan proses haji yang khusyuk. Mereka betul-betul menunggu angin segar yang bisa memberikan kemudahan untuk bisa melaksanakan ibadah umrah dan haji," ujar Hilman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia menyampaikan, situasi penanganan COVID-19 di Indonesia terus membaik serta tren pandemi di hampir seluruh kota sudah menurun drastis.

Di samping itu, lanjut dia, kesadaran masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan pandemi juga terus meningkat.

"Harapannya, ini bisa dijaga dengan disiplin agar pandemi terus menurun, keadaan menjadi lebih baik lagi, dan jamaah Indonesia bisa segera mendapat kesempatan untuk beribadah umrah," ujar Hilman kepada Dubes Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi.

Dalam kesempatan itu, Hilman juga menyinggung soal mitigasi penyelenggaraan umrah di saat pandemi.

Menurutnya, perlu ada skema khusus dalam penyelenggaraan ibadah umrah di saat pandemi.

Baca juga: Kemenag lobi Arab Saudi agar calon jamaah umrah bisa berangkat

Baca juga: Indonesia minta Saudi tinjau kebijakan vaksin dan umrah


Ia mengatakan, pihaknya saat ini terus bersinergi dan berkoordinasi dengan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Kemenkes, Kemenlu, Kemenhub, maskapai penerbangan serta instansi terkait lainnya dalam menyusun mitigasi dan skema penyelenggaraan umrah di masa pandemi.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat semakin clear dan skema tata cara serta penanganan pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi bisa diterbitkan. Tentu dibutuhkan juga kedisiplinan jamaah dalam menaati prokes," paparnya.

"Insya Allah, sebagai Dirjen PHU yang baru saya akan berkoordinasi dengan semua stakeholders dalam waktu dekat agar harapan untuk bisa memberangkatkan jamaah umrah Indonesia bisa kita akselerasi," tuturnya.

Hilman mengapresiasi respon Dubes Saudi Essam bin Abed. Kepadanya, Essam juga menegaskan keinginan Pemerintah Saudi agar jamaah asal Indonesia bisa kembali menunaikan ibadah umrah.

Namun, di tengah pandemi, regulasi yang diterapkan sangat ketat demi kenyamanan dan keamanan jamaah yang datang dari berbagai negara.

Baca juga: MPR minta Pemerintah Indonesia melobi Arab Saudi beri izin umrah

Baca juga: Menteri Agama akan ke Arab Saudi bahas kepastian haji 2022



 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021