Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengapresiasi dukungan Pemerintah Austria dalam upaya pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim.

Pemerintah Austria memberikan pinjaman lunak untuk mendukung pengembangan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, BBPLK Serang, dan BLK Makassar.

"Atas koordinasi dan kerja sama yang baik dari Kemnaker, Bappenas, Kemenkeu, dan Kedutaan Austria, alhamdulillah implementasi dari kegiatan di BLK Makassar akan benar-benar mulai berjalan," kata Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker Budi Hartawan sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah yang diterima di Jakarta, Jumat.

"Semoga dengan kerja sama Pemerintah Indonesia dan Austria ini dapat meningkatkan dan mempererat hubungan antar kedua negara serta memberikan manfaat yang besar," katanya.

Budi menuturkan bahwa pengembangan BLK Maritim di BLK Makassar mencakup pembangunan gedung lokakarya, pengadaan peralatan pelatihan, pelatihan instruktur dan manajemen, serta pengembangan program pelatihan.

BLK Maritim di BLK Makassar merupakan bagian dari implementasi kebijakan Sembilan Lompatan Besar Kemnaker, salah satunya menjadikan BLK sebagai pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing.

Upaya transformasi BLK mencakup revitalisasi sarana dan prasarana dan revolusi sumber daya manusia sesuai dengan kerangka kerja proyek pengembangan balai latihan kerja maritim.

Budi mengemukakan bahwa BLK Makassar akan dijadikan sebagai pusat unggulan dalam pengembangan pelatihan kejuruan otomotif/teknik kelautan, kelistrikan, pengolahan logam, pengolahan kayu dan serat kaca, serta pengelasan.

Ia menjelaskan pula bahwa Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dijadwalkan menghadiri peresmian pengembangan BLK Maritim di BLK Makassar pada November 2021.

Menurut dia, Menteri Ketenagakerjaan berharap pengembangan BLK Maritim menggunakan pinjaman dari Austria bisa mendatangkan manfaat besar bagi pengembangan sumber daya manusia Indonesia.

Baca juga:
Kemnaker gandeng Pemerintah Austria kembangkan BLK Maritim
Kemnaker targetkan 787 BLK Komunitas terbentuk pada 2021

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021