Rute jalan cepat maupun rute marathon ini adalah rute yang terbagus selama digelarnya PON ...
Jakarta (ANTARA) - Kawasan Kuala Kencana, Mimika, Papua, akan ditutup sementara pada Sabtu (9/10) pagi, untuk digelarnya perlombaan nomor marathon dan jalan cepat putra putri cabang olahraga atletik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di area tersebut.

Technical Delegate Cabang Olahraga Atletik Umaryono mengatakan penutupan pintu gerbang Kuala Kencana akan dilakukan mulai pukul 04.30 WIT hingga 09.30 WIT.

"Pukul 04.30 WIT itu sudah close," kata Umaryono di Kompleks Freeport Kuala Kencana, Jumat.

Baca juga: Polri-TNI perketat pengamanan di Kuala Kencana saat lomba marathon

Umaryono mengatakan penutupan selama lima jam tersebut berlaku untuk kendaraan umum. Adapun warga yang ingin memasuki kawasan Kuala Kencana masih tetap diperbolehkan dengan berjalan kaki.

Bagi warga atau penonton yang ingin memasuki kawasan Kuala Kencana lewat dari pukul 04.30 WIT, mereka dapat memarkirkan kendaraannya di lapangan parkir Gerbang Kuala Kencana, untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Dalam kesempatan itu, Umaryono turut mengajak masyarakat, khususnya warga Mimika untuk menyaksikan langsung perlombaan marathon dan jalan cepat yang digelar di pusat administrasi dan pemukiman pekerja PT Freeport Indonesia itu.

"Rute jalan cepat maupun rute marathon ini adalah rute yang terbagus selama digelarnya PON, barangkali ini sumbangsih Freeport ke dunia olahraga yang nyata. Momentumnya sangat jarang, ini area yang rata, terus kiri kanannya rimbun, ini jarang," kata Umaryono.

"Jadi masyarakat kalau mau datang, masyarakat di luar Kompleks Kuala Kencana boleh silakan datang untuk menyaksikan, tapi yang harus diperhatikan adalah masalah protokol kesehatannya tetap pakai masker menjaga jarak tidak berkerumun dan mencuci tangan," tambah dia.

Lebih lanjut Umaryono memastikan kesiapan fasilitas penunjang lainnya seperti medis dan pengamanan.

Baca juga: Triyaningsih sambut baik pembangunan pusat pelatihan atletik di Papua

Terkait pengamanan, pihak Freeport Indonesia telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Polres dan Kodim Mimika serta Satgas PON untuk menjaga lokasi selama pertandingan berlangsung.

"Intinya peserta aman dan nyaman," ucap Umaryono.

Pertandingan nomor marathon putra dan putri akan dimulai Sabtu (9/10) pukul 05.00 WIT, sedangkan nomor 20 km jalan cepat putra dan putri dimulai 30 menit kemudian.

Nama-nama kondang pelari jarak jauh nasional seperti Odekta Elvina Naibaho dan Triyaningsih asal DKI Jakarta serta Agus Prayogo asal Jawa Barat akan turun di nomor marathon.

Sementara atlet veteran peraih emas SEA Games 2019 asal Jawa Barat Hendro akan turun di nomor jalan cepat.

Pertandingan PON XX Papua cabang olahraga atletik berlangsung mulai 5 hingga 14 Oktober 2021 di GOR Mimika Sport Complex dan Kompleks Freeport Kuala Kencana.

Terdapat 23 nomor perlombaan putra dan putri yang dipertandingkan untuk memperebutkan 46 medali emas, 46 medali perak, dan 46 medali perunggu.

Baca juga: Triyaningsih: Belum ada rencana pensiun dari atletik

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021