Jayapura (ANTARA) - Tim catur DKI Jakarta dan Jawa Barat berbagi satu medali emas dalam nomor beregu catur cepat PON XX Papua yang menyelesaikan babak terakhir pada Jumat di Swissbell Hotel Merauke.

Tim catur DKI yang dimotori GM Novendra Priasmoro menjadi yang terbaik di kategori beregu terbuka setelah unggul 2-0 di perhitungan TieBreak (TB) 2 atas GM Susanto Megaranto dkk. dari Jawa Barat. TB 2 adalah perhitungan hasil pertandingan head to head antara dua tim.

DKI dan Jabar sebenarnya sama-sama mencatatkan 16 poin dari 8 kali kemenangan dan sekali kekalahan. Namun saat kedua tim bertemu di babak kedua, tim DKI unggul atas Jabar dengan skor 3-1, sehingga secara perhitungan TB 2, DKI unggul 2-0. Adapun kekalahan yang dialami DKI adalah pada babak keenam saat menghadapi Ria dengan skor1,5 - 2,5.

Baca juga: Jatim dan Jabar berebut emas catur cepat beregu putri PON Papua

Di kategori beregu putri, Jawa Barat meraih medali emas setelah unggul agregat total poin seluruh partai (TieBreak 3) dari Jawa Timur. Jawa Barat yang diperkuat IM Medina Warda Aulia mengumpulkan total poin 23,0 sedangkan Jatim 22,0. Dalam pertandingan sistem round robin sembilan babak, baik Jabar maupun Jatim sama-sama membukukan 17 poin dari delapan kemenangan dan hasil seri 1,5 -1,5 saat kedua tim tersebut bertanding di babak ketiga.

Dengan hasil itu, Jawa Barat sudah mengumpulkan 3 medali emas dari cabang olahraga catur PON XX setelah sebelumnya merebut medali emas dari nomor beregu terbuka catur kilat dan perorangan terbuka catur kilat atas nama NM Arif Abdul Hafiz.

Sementara itu di kategori perorangan catur cepat putri, WIM Chelsie Monica Sihite kembali menyumbang medali emas untuk Kalimanatan Timur setelah sebelumnya ia juga menjadi yang terbaik di nomor catur kilat. Di kedua nomor ini Chelsie mengungguli pecatur terbaik putri Indonesia GM Irine Kharisma Sukandar dari Jawa Barat.

Di kategori catur cepat terbuka, NM Kahfi Maulana dari Daerah Istimewa Yogjakarta menjadi yanbg terbaik dan berhak dengan medali emas. Medali perak kategori ini diraih NM Octo Dani dari Bali dan IM Yoseph Theolifus Taher dari Papua.

Di kategori catur cepat terbatas (veteran), medali emas milik kontingen tuan rumah Papua melalui GM Cerdas Barus. Adapun medali perak diraih FM Hanny Marentek dari Papua Barat dan perunggu untuk IM Danny Juswanto dari Banten.

Baca juga: Cerdas Barus di ambang juara catur cepat terbatas PON Papua
Baca juga: Chelsie juara perorangan, Jatim raih emas beregu putri catur kilat
Baca juga: Chelsie Monica raih emas catur kilat PON Papua

 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021