Indonesia pastikan siap gelar WSBK di Mandalika

Indonesia pastikan siap gelar WSBK di Mandalika

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono (tengah) didampingi Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu (kanan), dan Danrem 162/Wira Bakti Brigjen TNI Ahmad Rizal R (kiri) saat konferensi pers terkait WSBK, di Jakarta, Jumat (8/10/2021). ANTARA/Ahmad Wijaya/aa.

Semua pihak dari kementerian dan lembaga terus melakukan koordinasi untuk menyukseskan penyelenggaraan kegiatan balap motor ini dengan menunjukkan hasil yang sangat baik
Jakarta (ANTARA) - Indonesia memastikan siap menggelar balap motor dunia "World Superbike" (WSBK) 19-21 November 2021 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, baik diri sisi infrastruktur, akomodasi, kesehatan, hingga keamanan.

"Semua pihak dari kementerian dan lembaga terus melakukan koordinasi untuk menyukseskan penyelenggaraan kegiatan balap motor ini dengan menunjukkan hasil yang sangat baik," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono kepada pers di Kantor Kemenhub Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan usai simulasi Tactical Floor Game (TFG) manajemen dan rekayasa lalu lintas sebagai dukungan persiapan penyelenggaraan WSBK yang dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, serta Danrem 162/Wira Bakti Brigjen TNI Ahmad Rizal R.

Dikatakan Djoko, pemerintah Indonesia sangat serius menyiapkan kegiatan WSBK ini karena selain akan mampu meningkatkan kunjungan pariwisata di mata internasional, juga bisa memberikan dampak positif bagi dunia mengenai kemampuan Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan internasional di tengah pandemi.

Dia memastikan segala persiapan infrastruktur mulai dari bandar udara, pelabuhan laut, jalan raya, angkutan darat, hingga akomodasi seperti penginapan saat ini terus disempurnakan sehingga pada saatnya nanti sudah bisa digunakan.

"Kami dari Kemenhub bersama dengan kementerian dan lembaga lain terus berkoordinasi untuk menyelesaikan berbagai kekurangan yang mungkin masih ada," kata Djoko.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu, mengatakan kegiatan akbar ini bukan saja akan memberikan dampak positif bagi pariwisata tapi juga merupakan bukti kesigapan Indonesia mampu menyelenggarakan perhelatan akbar.

"Kita ingin buktikan bahwa Indonesia mampu melaksanakan kegiatan akbar di tengah pandemi yang tentunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat," kata Odo.

Kementeriannya, katanya, sangat mengapresiasi koordinasi antar kementerian dan lembaga yang sangat baik sehingga optimistis WSBK akan berjalan sesuai dengan harapan.

Danrem 162/Wira Bakti Brigjen TNI Ahmad Rizal R, mengatakan dari sisi pengamanan baik di ring I, ring II, dan ring III, aparat keamanan dari TNI (darat, laut dan udara), serta kepolisian akan menyiapkan pasukan agar penyelenggaraan tidak ada hambatan.

"Dari TNI setidaknya akan dikerahkan sekitar 3.000-5.000 personil untuk mengamankan penyelenggaraan ini, dibantu dari kepolisian yang jumlahnya 2.215 personil," katanya.

Baca juga: Dispar Mataram latih puluhan pemandu wisata sambut gelaran WSBK
Baca juga: MGPA-Telkom bermitra hadirkan layanan TIK berkelas saat WSBK Mandalika
Baca juga: Hotel di Senggigi Lombok nikmati peningkatan kunjungan jelang WSBK

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PLN klaim sukses hadirkan listrik tanpa kedip WSBK 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar