Menteri Arifin: Transisi energi beri peluang berkarya bagi milenial

Menteri Arifin: Transisi energi beri peluang berkarya bagi milenial

Arsip foto - Menteri ESDM Arifin Tasrif memberikan sambutan pada penyerahan penghargaan Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2021 di Jakarta, Rabu (29/9/2021). ANTARA/HO-Humas Kementerian ESDM.

Transisi energi ini memberikan peluang besar untuk berkarya, sehingga generasi muda bisa menjadi key leader dalam kolaborasi multi-institusional
Jakarta (ANTARA) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif mengatakan proses peralihan penggunaan energi dari fosil menuju energi baru terbarukan memberikan berkah bagi kaum milenial.

"Transisi energi ini memberikan peluang besar untuk berkarya, sehingga generasi muda bisa menjadi key leader dalam kolaborasi multi-institusional," ujarnya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Jumat.

Arifin menuturkan bahwa peran generasi muda menjadi sangat krusial dalam pembangunan ekonomi nasional di masa depan.

Menurutnya, generasi muda adalah salah satu faktor utama untuk menentukan keberhasilan pembangunan ekonomi rendah karbon yang berkelanjutan.

Untuk itu diperlukan kesadaran dari generasi milenial mengenai proses transisi energi menuju energi bersih, kelestarian lingkungan, dan mitigasi dampak perubahan iklim yang telah menjadi komitmen Indonesia dalam Paris Agreement.

"Kami mengharapkan generasi muda memberikan ide-ide dan inovasi baru dalam pengembangan energi baru terbarukan, membantu mengampanyekan penggunaan energi bersih, dan ikut memanfaatkan energi bersih secara konsisten," ujar Arifin.

Lebih lanjut dia menyarankan beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para milenial.

Pertama, terlibat secara langsung dalam memberikan sumbangsih mengembangkan energi baru terbarukan.

Kedua, melakukan sosialisasi pentingnya penggunaan energi bersih untuk mendukung ketahanan energi jangka panjang.

Selanjutnya, menciptakan inovasi-inovasi di bidang energi baru terbarukan yang langsung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Bisa biomassa dari limbah menjadi berkah atau memanfaatkan tanaman setempat untuk menjadi bahan bakar, seperti bioetanol," jelas Arifin.

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah memberikan pendampingan bagi masyarakat serta mengembangkan perusahaan rintisan atau startup khususnya aplikasi penghematan energi.

"Generasi muda bisa menjadi key leader dalam kolaborasi multi-institusional," ucap Arifin.

Saat ini, pemerintah sedang melakukan dua terobosan kebijakan yang khusus diperuntukkan oleh para generasi muda demi mendukung program percepatan energi baru terbarukan, yaitu Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya dan Patriot Energi.

Program ini bisa menjadi ujung tombak dimanfaatkannya energi baru terbarukan di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Baca juga: Menteri ESDM: Pembangunan PLTU baru tak lagi menjadi opsi
Baca juga: RUPTL 2021-2030 tempatkan porsi energi baru terbarukan 51,6 persen
Baca juga: Emil Salim: Perlu generasi yang kuasai teknologi berwawasan lingkungan

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menteri ESDM minta produksi Blok Rokan 200 ribu barel per hari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar