Cikarang, Bekasi (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) kembali melanjutkan pekerjaan perawatan jalan dengan memperbaiki dua titik masing-masing Simpang Susun (SS) Karawang Barat Kilometer (KM) 47 dan KM 35 Ruas Tol Jakarta-Cikampek atau Japek.

"Pekerjaan rekonstruksi rigid pavement kembali kami kerjakan, kali ini di dua lokasi tersebut," kata General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD) Muhammad Taufik Akbar di Cikarang, Jumat petang.

Dia menjelaskan perbaikan jalan di titik pertama yakni SS Karawang Barat berada di KM 47 STA 0+365 hingga STA 0+995 lajur 1 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek dengan total penanganan sepanjang 120 meter.

"Pekerjaan ini dijadwalkan berlangsung mulai malam ini pukul 20.00 WIB sampai Senin (11/10) pukul 04.00 WIB," katanya.

Baca juga: Jasa Marga perbaiki area rehat Tol Jakarta-Cikampek Km 62

Sedangkan pekerjaan di titik kedua berada di KM 35+726 sampai KM 35+761 lajur 2 Ruas Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sepanjang 35 meter yang direncanakan dimulai pada Minggu (10/10) pukul 09.00 WIB sampai dengan Kamis (14/10) pukul 11.00 WIB.

"Tidak ada penutupan akibat pekerjaan ini. Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan arah Cikampek masih beroperasi dan dapat dilalui secara normal," katanya.

Taufik mengatakan pekerjaan perawatan jalan ini dalam rangka meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan sekaligus meningkatkan standar pelayanan minimal perusahaan.

Baca juga: Jasa Marga catat volume lalu lintas jalan tol naik 17,4 persen

Jasa Marga menyiapkan mitigasi risiko di antaranya pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja, persiapan contra flow apabila kondisi lalu lintas kendaraan padat serta berkoordinasi dengan Patroli Jalan Raya dan PT Jasamarga Tollroad Operator.

Jasa Marga juga melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek dan Jakarta untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan.

Pihaknya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud sekaligus mengimbau pengguna jalan untuk tetap berada di rumah.

Jika dalam keadaan darurat harus meninggalkan rumah, kata dia, pengguna jalan diminta tetap mematuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan.

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021