Pemprov NTB-Komunitas Teduh Bumi gelar "Sedekah Oksigen" di Tambora

Pemprov NTB-Komunitas Teduh Bumi gelar "Sedekah Oksigen" di Tambora

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Sitti Rohmi Djalilah. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama Komunitas Teduh Bumi akan menggelar kegiatan bertajuk "Sedekah Oksigen" di Desa Pancasila, Kabupaten Dompu, 30-31 Oktober 2021.

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Hj Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi dan mendukung penuh diselenggarakannya kegiatan tersebut.

"Pemprov NTB sangat mendukung acara seperti ini, yang tidak merusak lingkungan, tapi justru bisa memberikan hasil yang banyak, baik ke lingkungan maupun ke masyarakat. Itu yang kami dorong," ujarnya di Mataram, Jumat.

Kegiatan yang juga diniatkan untuk menyambut hari Sumpah Pemuda ini, kata dia, direncanakan akan memberikan sumbangan bibit 900 pohon durian dan kurang lebih 1.000 pohon alpukat kepada masyarakat di Dusun Pancasila.

Dia berharap bibit-bibit tersebut akan ditanam dan menghijaukan desa tersebut serta memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat dengan menjadikannya sebagai desa wisata dan agrowisata.

Ummi Rohmi, sapaan akrab Wagub NTB, berharap kegiatan tersebut bisa dikawal APBDES setempat dan menjadi program yang berkesinambungan.

"Kami mengajak anak muda Dompu untuk menyukseskan acara Sedekah Oksigen atau penanaman kembali di Desa Tambora ini sebagai usaha kita untuk menyelamatkan lingkungan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB Madani Mukarom, menjelaskan kegiatan bertajuk Sedekah Oksigen itu, yakni gerakan menanam dan memelihara pohon.

"Gerakan tersebut oleh adik-adik Komunitas Teduh Bumi diistilahkan sedekah oksigen, karena dari pohon itulah dihasilkan oksigen," ujarnya.

Kegiatan bertajuk Sedekah Oksigen, lanjut Madani Mukarom, dilaksakan di Desa Pancasila, Kawasan Gunung Tambora.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

NTB sambut kebijakan PPKM Level 3 demi stabilitas ekonomi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar