Ketua PMI Sukabumi temukan jenazah korban tenggelam

Ketua PMI Sukabumi temukan jenazah korban tenggelam

Relawan PMI Kabupaten Sukabumi membawa jenazah korban tenggelam di Situ Batu Karut ke Puskesmas Sukaraja pada Senin (4/10/2021) (ANTARA/HO/PMI Sukabumi)

Kota Bogor (ANTARA) - Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dr. Hondo Suwito terjun langsung mengevakuasi jenazah korban tenggelam di Situ Batu Karut, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja.

Hondo Suwito dalam keterangan PMI yang diterima di Kota Bogor, Jumat, menyebutkan selain dirinya, pencarian korban tenggelam, sejak Ahad (3/10) juga melibatkan Kepala Markas PMI Sukabumi beserta staf dan relawan, bahkan dari PMI Kota Sukabumi, termasuk dari petugas Basarnas setempat.

Satu warga Kampung Palasari RT 4 RW 6, Desa Selaawi, Kecamatan Sukaraja, bernama Ramdan Ridwansyah (18 tahun), tenggelam di Situ Batu Karut, Desa Pasirhalang, pada Ahad (3/10).

Setelah dua hari pencarian, Ramdan ditemukan pada Senin (4/10) sekitar pukul 12.05 WIB dalam keadaan meninggal dunia.

Baca juga: PMI Sukabumi gandeng komunitas Punk kampanyekan pencegahan COVID-19

Baca juga: PMI distribusikan paket bantuan untuk pasien COVID-19 di Sukabumi


Saat pencarian hari ke kedua, Hondo Suwito langsung turun ke dalam air tanpa alat penyelam.

Ada seorang warga yang menggunakan alat pancing untuk membantu pencarian, tiba tiba pancingannya terkait oleh sesuatu dan warga tersebut menyangka tersangkut oleh sampah di dasar situ tersebut.

Setelah itu Hondo Suwito tanpa alat bantu selam melakukan penyelaman di tempat di mana alat pancing warga tersebut tersangkut.

Hondo dapat menemukan posisi korban di kedalaman kira-kira lima meter dari permukaan air dan kemudian penyelaman lebih lanjut oleh dua orang penyelam dari Basarnas dan evakuasi oleh Tim Basarnas.

Kepala Kantor Basarnas Sukabumi Suryo Adianto mengatakan tim SAR gabungan berhasil menemukan korban tersebut pada radius tujuh meter dari lokasi kejadian di kedalaman kurang lebih lima meter.

Selanjutnya korban dibawa ke Puskesmas Sukaraja dengan menggunakan ambulans dari PMI untuk dilakukan pengecekan, sebelum kemudian korban dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan, dan selanjutnya dimakamkan.*

Baca juga: PMI Sukabumi finalisasi SOP penanganan dan kesiapsiagaan bencana gempa

Baca juga: PMI Sukabumi gelar simulasi penanganan gempa sesuai protokol kesehatan

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PMI Aceh Utara siasati persediaan darah saat pandemi dan vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar