Sabtu, BMKG prakirakan wilayah Indonesia cerah berawan

Sabtu, BMKG prakirakan wilayah Indonesia cerah berawan

Tangkapan layar - Produk Himawari-8 EH menunjukkan suhu puncak awan yang didapat dari pengamatan radiasi pada panjang gelombang 10.4 mikrometer yang kemudian diklasifikasi dengan pewarnaan tertentu, dimana warna hitam atau biru menunjukkan tidak terdapat pembentukan awan yang banyak (cerah), sedangkan semakin dingin suhu puncak awan, dimana warna mendekati jingga hingga merah, menunjukan pertumbuhan awan yang signifikan dan berpotensi terbentuknya awan Cumulonimbus. ANTARA/HO-BMKG/pri. (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hampir seluruh wilayah di Indonesia akan mengalami cuaca cerah berawan pada Sabtu (9/10).

Berdasarkan informasi dalam laman www.bmkg.go.id milik BMKG yang dikutip di Jakarta, Sabtu, wilayah yang berpotensi mengalami cuaca cerah berawan, antara lain Banda Aceh, Denpasar, Serang, Bengkulu, Gorontalo, Pontianak, Samarinda, Pangkal Pinang, Ternate, Mataram, Kupang, Jayapura, Pekanbaru, Makassar, dan Medan.

Baca juga: Selasa, BMKG prakirakan wilayah Indonesia didominasi cerah berawan

Baca juga: Minggu, BMKG prakirakan sebagian besar wilayah Indonesia cerah berawan


Sedangkan wilayah yang diprakirakan mengalami cuaca berawan, yakni DI Yogyakarta, Bandung, Semarang, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Ambon, Kendari, Manado, dan Palembang.

Tidak hanya cuaca cerah berawan dan berawan, BMKG menyatakan terdapat beberapa wilayah yang akan mengalami hujan ringan, seperti Jambi, Banjarmasin, Bandar Lampung, Manokwari dan Mamuju. Hanya Padang yang diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Untuk DKI Jakarta, Surabaya dan Tarakan, BMKG menjelaskan ketiga daerah itu akan mengalami cuaca cerah.

BMKG menyebutkan kisaran suhu di kota-kota besar antara 18 hingga 34 derajat celsius dengan tingkat kelembaban antara 50 hingga 100 persen.

Baca juga: Jumat, BMKG prediksi sebagian besar wilayah Indonesia cerah berawan

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BMKG ingatkan kewaspadaan puncak hujan Januari-Februari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar