PON Papua

Papua lolos ke final sepak bola putri setelah benamkan Babel 4-0

Papua lolos ke final sepak bola putri setelah benamkan Babel 4-0

Pesepakbola putri Papua, Debora Pagawak (atas) berusaha merebut bola dari pesepakbola putri Bangka Belitung, Ade Mustikiana Oktafiani (bawah) dalam babak semi final PON XX PAPUA 2021 di Stadion Katalpal, Merauke, Sabtu (9/10/2021) Dalam pertandingan tersebut Papua berhasil mengalahkan Bangka Belitung dengan skor 0-4. ANTARA/HO-PB PON XX PAPUA/Feri Setiawan/pri.

Merauke (ANTARA) - Papua lolos ke babak final cabang olahraga sepak bola putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX setelah membenamkan Bangka Belitung dengan skor 4-0.

Papua yang bertanding dengan dukungan penuh penonton di Stadion Katapal Merauke, Sabtu, langsung menekan pertahanan Bangka Belitung sejak peluit dibunyikan.

Tim putri Babel mencoba membalas pada menit tujuh melalui skema sepak pojok, namun masih belum mampu membahayakan gawang Papua yang dikawal oleh Agustina Kwano.

Papua kembali mengancam melalui serangan di sayap kanan dengan mengandalkan kecepatan pemainnya, namun juga masih belum membahayakan.

Baca juga: Papua siap tumbangkan Babel demi final sepak bola putri PON Papua 

Pada menit ke-23, pemain Papua dengan nomor punggung 21 Ina Paulanda Wetipo hampir mencetak gol jika saja tendangannya tidak dapat ditahan oleh kiper Babel yang dijaga oleh Riska Julianti.

Tim Putri Babel merespon dengan melancarkan tendangan jarak jauh dari Firanda yang juga masih belum tepat sasaran.

Gol yang ditunggu-tunggu baru tercipta pada menit 30 melalui serangan balik cepat yang diakhiri dengan sepakan mendatar Ina Paulanda Wetipo dan mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Papua.

Pada sisa waktu babak pertama, kedua tim saling berbalas serangan. Akan tetapi belum ada lagi gol yang tercipta dari kedua tim. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk Papua.

Di bawah guyuran hujan yang turun di babak kedua, tim putri Papua langsung melancarkan serangan pada menit 47 melalui sepakan dari luar kotak penalti yang dilakukan oleh kapten tim bernomor punggung 19 Selly Wunungga, namun bola masih melambung tinggi.

Pada menit 50, Papua hampir menambah kedudukan, namun tendangan Debora Pagawak masih terlalu lemah dan mudah diantisipasi kiper Babel.

Baca juga: Papua juara grup usai tekuk Jabar dalam sepak bola putri PON Papua

Papua berhasil mencetak gol kedua melalui tendangan bebas nomor punggung 17 Emmy Clarce Falentina Awes yang gagal ditangkap sempurna kiper Babel pada menit 62.

Meski sudah unggul dua gol, Papua terus menggempur pertahanan Babel dan hasilnya terlihat pada menit 81 ketika Selly Wunungga menambah keunggulan menjadi 3-0 dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang Babel hasil dari sepak pojok.

Pesta gol Papua ditutup melalui kaki pemain nomor punggung 99 Laslen Tabuni yang semakin mengubur impian Bangka Belitung melaju ke final sepak bola putri PON XX Papua.

Papua sudah ditunggu Jawa Barat di partai final perebutan medali emas yang akan digelar pada Senin (11/10). 

Baca juga: Jabar ke final sepak bola putri PON Papua setelah hantam DKI 3-0 
Baca juga: Pelatih sepak bola putri DKI tak kecewa anak asuhnya kalah lawan Jabar 

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ridwan Kamil berikan bonus kepada atlet Peparnas XVI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar