Tangerang (ANTARA) - RS Sari Asih Ciputat bekerjasama dengan Morula IVF Indonesia meluncurkan klinik fertilitas Indonesia pertama di Kota Tangerang Selatan yang menghadirkan pelayanan inseminasi bagi pasangan suami-istri

Direktur RS Sari Asih Ciputat dr Anitya Irna RD, MKes di Tangerang, Sabtu, mengatakan inseminasi merupakan salah satu metode dari teknologi reproduksi berbantu (TRB) untuk mendapatkan kehamilan dari pasangan suami istri yang sah dengan cara mendekatkan sperma yang sudah melalui proses washing sperm dengan sel telur secara natural di dalam rahim.

Kehadiran klinik fertilitas Indonesia di Sari Asih Ciputat tak lepas dari sejarah berdirinya RS Sari Asih yang bermula dari klinik kebidanan hingga berdirinya berbagai cabang di daerah dengan pelayanannya utamanya kepada ibu hamil.

RS Sari Asih ingin terus menambah pelayanan khususnya kepada ibu hamil salah satunya menghadirkan klinik fertilitas Indonesia yang bekerja sama dengan Morula IVF ini.

Baca juga: Morula IVF Indonesia buka layanan fertilitas di RS Indriati Solo

Baca juga: 75 pasangan jalani porgram bayi tabung perdana di Sumsel


"Morula diketahui sejak tahun 2019 menjadi klinik bayi tabung terpercaya di Indonesia, sehingga kita bekerjasama dengan Morula menghadirkan klinik fertilitas," ujarnya usai Grand launching klinik fertilitas Indonesia di RS Sari Asih Ciputat, Jalan Otista Raya, Ciputat-Tangerang Selatan.

Kemudian pihaknya juga melihat kondisi saat ini banyaknya pasangan suami isteri (pasutri) yang mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan untuk mendapatkan keturunan atau buah hati. "Faktornya karena kesibukan tinggi dari suami-istri maka kita tergerak untuk menghadirkan klinik fertilitas dan di Tangsel menjadi klinik yang pertama," Katanya.

Lebih lanjut dr Anitya menjelaskan sebagai RS Syariah pertama di Tangerang Selatan tentunya Klinik Fertilitas Sari Asih Ciputat mengedepankan aspek syariah dan menjaga kenyamanan pasien dalam setiap pelayanan yang diberikan.

"Ini menjadi ciri khas dan membedakan dengan Klinik Fertilitas di daerah lain. Contohnya ketika ayah mau diambil spesimen spermanya dilakukan washing sperm maka diwajibkan didampingi isterinya begitu juga saat ibu melahirkan inseminasi ada pakaian khusus yang menjaga kenyamanan pasien," ujar dia.

Arief Permana Selaku Regional Bisnis Operation Manager Morula IVF mengatakan, pihaknya mengajak kerjasama RS Sari Asih untuk menghadirkan Klinik Fertilitas Indonesia dan klinik tersebut menjadi yang pertama di Kota Tangerang Selatan. Bahkan di Kota Tangerang pun belum ada, dalam waktu dekat akan dihadirkan di RS Sari Asih Karawaci.

"Klinik fertilitas Indonesia di Sari Asih Ciputat bertujuan mendekatkan dan membantu masyarakat yang akan mengikuti inseminasi sehingga tak perlu jauh-jauh ke Jakarta, jadi lebih dekat dan memangkas waktu," katanya.

Dalam pelayanan inseminasi, Morula
mendukung peralatan untuk washing sperm sebelum tindakan inseminasi yang akan dilakukan oleh dokter obsgyn.

"Jadi nanti sperma ketika diambil sampelnya di proses di lab sebelum dilakukan penyemprotan ke rahim istri tujuannya supaya ada pembuahan. Dengan sperma yang telah disiapkan dengan baik ini mudah-mudahan akan lebih berhasil dalam program kehamilan," ujarnya.

Dokter spesialis kandungan RS Sari Asih Ciputat dr Diana Apriliyana Nur menambahkan selama ini pasien yang datang dengan mengalami kendala fertilitas cukup banyak.

"Rata-rata mereka tidak mengetahui kapan harus berobat dan lainnya. Kehadiran klinik fertilitas Indonesia di RS Sari Asih ini diharapkan dapat membantu mereka mengatasi permasalahan fertilitas pada Pasutri," ungkapnya.

Dokter Diana menambahkan, syarat bagi pasutri yang akan mengikuti program inseminasi yaitu jumlah spermanya cukup yakni di atas 10 juta lalu saluran telur dari istri paten tak ada sumbatan. "Selanjutnya akan dilakukan proses inseminasi," ujarnya.*

Baca juga: Pakar fertilitas: kesuburan bisa menurun karena paparan asap rokok

Baca juga: BKKBN harapkan TFR di Brebes turun jadi 2,1 persen

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021