Jayapura (ANTARA) - Kontingen Jawa Timur memimpin perolehan medali pada hari pertama perlombaan renang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu.

Secara keseluruhan Jatim mengoleksi dua emas dan empat perak dari enam nomor yang diperlombakan.

Nurul Fajar Fitriyati membuka perlombaan hari pertama dengan raihan emas pada nomor nomor 200 meter gaya punggung putri dengan catatan waktu 2 menit 19,78 detik.

Baca juga: Nurul Fajar pecahkan rekor saat menangi 200 meter gaya punggung putri

Selanjutnya emas kedua Jatim dipersembahkan pada nomor estafet 4x200 meter gaya bebas putri.

Kuartet perenang Jatim, yakni Adinda Larasati, Izzi Dwifaiva, Ressa Kania Dewi, dan Patrisia Yosita Hapsari membukukan waktu tercepat dengan 2 menit 07,37 detik.

Sementara empat perak masing-masing diraih Daniel Setyawan Suyanto (200m gaya punggung putra), Patrisia Yosita Hapsari (50 meter gaya bebas putri), Glenn Victor Sutanto (50 meter gaya bebas putra), dan Ressa Kania Dewi (400 meter gaya ganti perorangan).

Baca juga: Triadi dan Kania tak terbendung pertahankan emas 50 meter gaya bebas

Kontingen kedua yang meraih medali terbanyak pada hari pertama cabang olahraga renang adalah Jawa Barat dengan dua emas dan satu perunggu.

Medali emas kontingen Bumi Pasundan diraih masing-masing melalui Triadi Fauzi Sidiq pada nomor 50 meter gaya bebas putra dan Aflah Fadlan Prawira pada nomor 400 meter gaya ganti perorangan putra.

Dalam nomor yang sama, perenang Jawa Barat Rashie Amala Yaqin juga mendapatkan perunggu.

Kemudian Riau, pada hari pertama mengoleksi satu emas, satu perak, dan satu perunggu.

Azzahra Permatahani menjadi andalan Riau dengan mengoleksi emas pada nomor 400 meter gaya ganti putri dan perak pada nomor 200 meter gaya punggung putri.

Pada nomor 400 meter gaya ganti putri, Riau juga menyabet perunggu melalui Anandia Treciel Vanessae.

Baca juga: Perenang putra Papua tercepat di nomor 200m gaya punggung putra

Tuan rumah Papua juga sukses mengoleksi satu emas dan satu perak melalui Farrel Armandio Tangkas. Masing-masing pada nomor 200m gaya punggung putra dan 400 meter gaya ganti perorangan putra.

DKI Jakarta pada hari pertama membawa pulang satu medali emas melalui Anak Agung Istri Kania Ratih Atmaja pada nomor 50 meter gaya bebas putri.

Sedangkan Jawa Tengah mengantongi satu perak melalui nomor estafet 4x200 meter gaya bebas putri dan satu perunggu lewat Sagita Putri Kresdewanti (50m gaya bebas putri).

Bali hanya meraih satu perunggu melalui Dewi Novita Lestari yang turun pada nomor 200m gaya punggung putri.

Berikut klasemen sementara perolehan medali renang pada hari pertama, Sabtu (9/10/2021) - (emas, perak, perunggu)

1. Jawa Timur  (2-4-0)
2. Jawa Barat  (2-0-1)
3. Riau  (1-1-1)
4. Papua  (1-1-0)
5. DKI Jakarta  (1-0-1)
6. Jawa Tengah  (0-1-1)
7. Bali  (0-0-1)

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2021