Jakarta (ANTARA) - Selebritas sekaligus mompreneur Mona Ratuliu mengatakan mencoba menaruh dulu masalah-masalah agar bisa menikmati waktu atau bonding time bersama anak-anaknya.

“Aku mencoba untuk belajar memarkirkan dulu masalah-masalah aku supaya saat bonding time bisa lahir batin,” kata dia dalam sebuah acara daring, Minggu.

Baca juga: "Bonding time" bersama anak tak perlu persiapan khusus

Baca juga: Kiat bagi orang tua bagi waktu main dengan anak saat WFH


Selama bersama anak, Mona berusaha tak sekedar bermain tetapi juga melibatkan hati di dalamnya dan fokus agar bisa meningkatkan hubungannya dengan anak, walau menurut dia ini tak mudah.

“Itu yang pelan-pelan aku pelajari, memang tidak mudah dan tidak langsung bisa tetapi sebenarnya kalau dibiasakan akhirnya bisa nah itu jadinya lebih berkualitas daripada bila kita ada di sebelah anak tetapi pikiran kita ke mana-mana,” tutur dia.

Menurut Mona, bonding time sangat bermanfaat bagi karakter dan meningkatkan kepercayaan diri anak. Dia pun menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan anak. Bila buah hatinya ingin mencurahkan isi hatinya, maka Mona menyediakan telinga dan perhatian penuh padanya. Sementara saat anaknya membutuhkan waktu untuk bermain, dia akan menyediakan waktu.

“Kalau anaknya lagi butuh curhat ya kita sediain telinga berhati untuk dengerin, kalau lagi butuhnya bermain bersama bundanya ya kita sediakan waktu untuk bermain. Tentunya anak-anak selain kebutuhan makan, minum, tidur, kebutuhan cinta juga harus dipenuhi,” kata Istri Indra Brasco itu.

Ketika ditanya kegiatan favoritnya saat bonding time bersama anak, Mona menjawab kegiatannya beragam dan bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing anak.

Anak sulungnya yang berusia 18 tahun misalnya, lebih suka bonding time sembari menyantap hidangan dan curhat. Lalu, buah hati laki-lakinya cenderung memilih menonton film bersama, sementara anak Mona lainnya lebih suka bermain game bersama.

Baca juga: Indra Brasco bagikan kisah dampingi istri melahirkan saat pandemi

Baca juga: Berpuasa #DiRumahAja, Mona Ratuliu tidak punya persiapan khusus

Baca juga: Mona Ratuliu akan tampil dalam sendratari "Shima Ratu Adil"


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021