Sebanyak 144 UMKM plus-plus, karena ada di luar UMKM itu yang juga turut mendukung secara positif sektor pariwisata untuk bangkit bersama pada masa adaptasi normal baru
Toraja Utara (ANTARA) - Lebih dari 144 UMKM mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, dalam upaya pemulihan ekonomi pada masa adaptasi normal baru.

"Sebanyak 144 UMKM plus-plus, karena ada di luar UMKM itu yang juga turut mendukung secara positif sektor pariwisata untuk bangkit bersama pada masa adaptasi normal baru," kata Wakil Bupati Toraja Utara Fredrik Victor Palimbong dalam keterangan persnya usai penutupan Toraja Highland Festival (THF) di Toraja Utara, Minggu.

Dia mengatakan, pihaknya sangat optimistis secara perlahan pariwisata dan UMKM dapat bangkit kembali pada masa adaptasi normal baru.

Hal itu ditandai dengan banyaknya pengujung lokal maupun yang datang dari luar daerah ke stand pameran di Lapangan Bakti, Kecamatan Ranepao, Kabupaten Toraja Utara dalam sepekan terakhir.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang peserta pameran UMKM di Toraja Utara, Yarden yang menawarkan produk aneka lukisan tangan di atas kain ataupun wadah lainnya seperti tas, baju dan tempat tissu.

"Selain dapat kunjungan langsung untuk melihat gerai pameran aneka produk lukisan tangan motif khas Toraja, juga dapat melakukan pemesanan secara daring melalui sosial media kami," ujarnya.

Selain UMKM yang bergerak di sektor usaha kecil dan menegah yang turut ambil bagian selama sepekan THF 2021, sejumlah perusahaan BUMN/BUMD, termasuk perusahaan swasta dan pemerintah turut ambil bagian pada Pameran THF yang digelar 4 - 10 Oktober 2021.

Salah satu stand pameran milik pemerintah di antaranya BPOM ramai dikunjungi, karena memberikan sosialisasi penting tentang obat dan makanan yang dinyatakan aman, halal dan layak untuk dikonsumsi.

Baca juga: Wabup Toraja Utara: THF gairahkan pariwisata dan UMKM Toraja

Baca juga: Toraja Highland Festival segera digelar guna bangkitkan pariwisata

 
Ilustrasi dari salah satu atraksi tari budaya sebagai pendukung sektor pariwisata dan destinasi Toraja Utara, Sulsel. ANTARA / Suriani Mappong/ Hp

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021