Jayapura (ANTARA) - Tim putra Kalimantan Timur berhasil meraih tiket final hoki lapangan PON XX Papua setelah mengalahkan Sulawesi Selatan dengan skor 2-1 pada pertandingan di Arena Hoki Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Minggu.

Kemenangan itu mengukuhkan posisi tim hoki putra Kaltim sebagai pemuncak klasemen dengan poin 12, hasil empat kali menang dan sekali kalah.

Sementara posisi kedua di tempati tim tuan rumah Papua juga dengan poin yang sama, hanya terpaut jumlah memasukkan gol.

Pelatih tim hoki Kaltim Mappajaling mengatakan laga final Kaltim menghadapi papua dijadwalkan pada Selasa (12/10).

"Pertandingan hoki lapangan ini menggunakan sistem setengah kompetisi. Jadi, pimpinan klaaemen dan runner-up otomatis masuk babak final," kata Mappajallling usai pertandingan.

Sukses tim putra Kaltim ini mengikuti jejak tim putrinya yang sudah lebih awal memastikan tiket ke final, juga akan bertemu tuan rumah Papua.

Ketua Pengprov Federasi Hoki Indonesia Provinsi Kaltim Najemuddin mengatakan perjuangan tim hoki putra dan putri untuk merealisasikan medali emas tinggal manyisakan satu pertandingan.

Ia berharap para pemain bisa menjaga diri dan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya untuk bertanding di babak final.

"Kami memang menargetkan dua medali emas di cabang hoki ini, karena kami tidak turun di nomor hoki ruangan. Makanya target emas kita fokuskan pada nomor hoki lapangan," jelas Najemuddin.

Pewarta: Arumanto
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2021