KJRI Chicago beri vaksin COVID untuk masyarakat Indonesia

KJRI Chicago beri vaksin COVID untuk masyarakat Indonesia

KJRI Chicago bekerjasama dengan Illinois Department of Public Health (IDPH), menyelenggarakan pemberian vaksinasi Covid-19 gratis kepada anggota komunitas Indonesia yang berada di Chicago, pada tanggal 9 dan 30 Oktober 2021. (Antara / Dokumentasi KJRI Chicago)

Jakarta (ANTARA) - KJRI Chicago bekerjasama dengan Illinois Department of Public Health (IDPH), menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 gratis kepada anggota komunitas Indonesia yang berada di Chicago, pada tanggal 9 dan 30 Oktober 2021.

Pemberian vaksin bertempat di KJRI Chicago tersebut dalam rangka meningkatkan pelindungan kepada masyarakat Indonesia di luar negeri khususnya dari penyebaran wabah COVID-19, demikian keterangan tertulis KJRI Chicago yang diterima di Jakarta, Minggu.

Konsul Jenderal RI di Chicago, Meri Binsar Simorangkir menjelaskan bahwa kegiatan pemberian vaksinasi secara gratis ini merupakan upaya negara untuk hadir melindungi warga masyarakat Indonesia di luar negeri.

"Khususnya guna mengurangi jumlah WNI di luar negeri yang terpapar dan meninggal dunia akibat COVID-19," kata dia.

Lebih lanjut, Konsul Jenderal Meri Simorangkir menegaskan bahwa selain penerapan protokol kesehatan secara ketat yang meliputi penggunaan masker dan pembatasan sosial, pemberian vaksinasi diyakini menjadi upaya yang paling efektif dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

IDPH menyediakan sebanyak 50 dosis vaksin Pfizer BioNTech, sebagai vaksin COVID-19 yang telah mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat pada kegiatan vaksinasi gratis di KJRI Chicago.

Kegiatan vaksinasi gratis ini ditujukan kepada komunitas Indonesia yang ada di wilayah kerja KJRI Chicago, termasuk kepada para staf KJRI Chicago, anggota Permias Indonesia dan anggota komunitas Indonesia yang ada di Chicago, termasuk para pekerja undocumented serta diaspora Indonesia.

Selain itu, kesempatan vaksinasi gratis di KJRI juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan vaksin booster (dosis III) bagi mereka yang berusia di atas 65 tahun, memiliki komorbid, dan memiliki masalah dengan daya tahan tubuh (immune compromised).

Dalam kegiatan ini, KJRI Chicago juga memberikan paket obat-obatan dan vitamin kepada para peserta vaksinasi, guna meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi gejala efek samping.

Kegiatan pemberian vaksin COVID-19 gratis yang dilakukan KJRI Chicago sejalan dengan program peningkatan vaksinasi yang dicanangkan oleh Pemerintah Federal AS dan Pemerintah setempat di Chicago.

Sejauh ini tingkat warga yang telah mendapatkan vaksin di Chicago telah mencapai 73 persen, dan Pemerintah kota Chicago mencanangkan sebanyak 77 persen warga Chicago telah akan divaksinasi COVID-19 secara lengkap pada akhir tahun 2021.

Perwakilan IDPH, Jeff Billings, yang melakukan pendampingan pada saat kegiatan vaksinasi gratis, menyampaikan apresiasi atas upaya KJRI yang telah melakukan diskusi dengan IDPH guna pemberian vaksin COVID-19 bagi anggota komunitas Indonesia yang ada di Chicago.

Saat ini terdapat sekitar 800 Warga Negara Indonesia yang ada di wilayah Chicago Raya dan sekitarnya.

Baca juga: Promosikan pariwisata, KJRI Chicago-ASTA adakan turnamen golf
Baca juga: KJRI Chicago, Permias Nasional bekali mahasiswa tips berinvestasi
Baca juga: Bendera Merah Putih dikibarkan di "landmark" Kota Chicago

 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksin tahap 148 tiba, Indonesia terima 1,5 juta dosis Moderna

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar