PON Papua

Babel rengkuh perunggu sepak bola putri PON Papua

Babel rengkuh perunggu sepak bola putri PON Papua

Bangka Belitung bertanding melawan DKI Jakarta dalam perebutan medali perunggu cabang olahraga sepak bola putri PON XX Papua di Stadion Katapal, Merauke, Senin (11/10/2021). ANTARA/Yogi Rachman

Merauke (ANTARA) - Bangka Belitung berhasil membalas kekalahan dari DKI Jakarta pada babak penyisihan, untuk merebut medali perunggu cabang olahraga sepak bola putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Skuad asuhan Fila Hadianto itu mengalahkan DKI Jakarta dengan skor 3 - 0 dalam pertandingan perebutan tempat ketiga yang digelar di Stadion Katapal, Merauke, Senin.

Bangka Belitung hampir unggul cepat pada menit dua ketika kiper DKI Jakarta Joanne Ruth Carol melakukan blunder di gawang sendiri saat mengantisipasi umpan back pass pemain belakang. Beruntung bola masih dapat dihalau ke luar lapangan.

Gol Bangka Belitung tercipta pada menit 12 melalui pemain nomor punggung 8 Firanda yang berhasil memanfaatkan umpan tarik dari Susilawati sehingga mengubah kedudukan menjadi 1 - 0.

Tim ibu kota pun langsung merespon dengan melakukan serangan yang bertumpu pada Carla Bio Pattinasarany. Cucu dari Ronny Pattinasarany itu mengancam gawang Babel yang dikawal oleh Ade Wandira pada menit 15 melalui sepakan jarak jauh namun belum mampu menyamakan skor.

Bangka Belitung membalas serangan melalui aksi individu Firanda dari sayap kiri yang mampu mengobrak-abrik lini pertahanan DKI Jakarta yang dikomandoi oleh Shalika Aurelia Viandrisa. Namun belum mampu menambah skor.

Menit 35 pemain no 17 DKI Intan Nuraini Ulfa yang baru masuk menggantikan Sabreena Asliegh langsung memberikan ancaman melalui sepakan jarak jauh tapi belum mampu membobol gawang Babel.

Jelang turun minum tepatnya menit 42 Carla Bio Pattinasarany mengancam gawang Babel. Sayang bola masih membentur kaki pemain belakang sehingga menghasilkan sepak pojok. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1 - 0 untuk Babel.

Babak kedua DKI Jakarta langsung mengambil inisiatif serangan untuk menyamakan kedudukan seperti pada menit 50 melalui Nur Fajriah.

Babel justru menambah keunggulan pada menit 53 melalui gol kedua Firanda setelah memanfaatkan kesalahan antisipasi kiper DKI dalam menangkap bola.

Berselang dua menit kemudian Babel semakin menjauh dari DKI Jakarta setelah pemain nomor punggung 6 Nadila membuat skor menjadi 3 - 0.

Firanda hampir mencetak hatrik namun tendangannya masih mudah ditangkap kiper DKI Prihatini yang baru masuk pada babak kedua saat kedudukan Babel unggul 3 - 0.

DKI mencoba mengejar di sisa menit yang ada dengan melakukan sejumlah pergantian pemain. Namun hingga babak kedua berakhir skor 3 - 0 untuk kemenangan Babel tetap bertahan.

Hasil itu membuat Babel berhak meraih medali perunggu cabang olahraga sepak bola putri PON XX Papua.

Baca juga: Menanti serunya laga final ideal sepak bola putri PON
Baca juga: 200 personel akan amankan final sepak bola putri Papua vs Jabar
Baca juga: Jabar ke final sepak bola putri PON Papua setelah hantam DKI 3-0

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polman Babel & Pemkab Bangka kerja sama tepat guna

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar