BPOLBF dorong investasi pariwisata Labuan Bajo berwawasan lingkungan

BPOLBF dorong investasi pariwisata Labuan Bajo berwawasan lingkungan

Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina usai mengikuti seremoni Pelantikan Pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) PHRI Manggarai Barat Periode 2021-2026 di Aula Hotel Sylvia Labuan Bajo, Sabtu (9/10/2021). ANTARA/Fransiska Mariana Nuka/am.

BPOLBF siap bersinergi dengan pemerintah dan mendukung investasi yang berwawasan lingkungan, yang memperhatikan kaidah-kaidah pariwisata berkualitas dan berkelanjutan di Labuan Bajo
Kupang (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mendorong pengembangan investasi pariwisata yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"BPOLBF siap bersinergi dengan pemerintah dan mendukung investasi yang berwawasan lingkungan, yang memperhatikan kaidah-kaidah pariwisata berkualitas dan berkelanjutan di Labuan Bajo," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina ketika dihubungi dari Kupang, Senin.

Hal tersebut dia katakan sebagai bentuk apresiasi atas pembangunan Warloka Marina dan Resort Pulau Purung di Desa Warloka, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat yang telah dimulai dengan peletakan batu pertama pada Jumat (8/10).

Menurut Shana, kehadiran Warloka Marina dan Resort Pulau Purung dapat menjadi destinasi wisata baru dan memberi pilihan produk yang beragam dari wisata Labuan Bajo. Apalagi Pulau Purung memiliki ekosistem Mangrove yang menjadi aset penting untuk dikembangkan dengan baik.

Shana berharap bertambahnya jumlah akomodasi dan hunian di Manggarai Barat diiringi kolaborasi bersama warga desa Warloka untuk membuka peluang titik atraksi dan pengembangan produk wisata baru.

Dia juga ingin Warloka Marina dan Resort dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, membuka lapangan kerja, serta meningkatkan kualitas profesionalisme pariwisata masyarakat setempat.

Melalui pengembangan destinasi pariwisata baru, kiranya meningkatkan kunjungan wisatawan berkualitas, yakni mereka akan tinggal lebih lama dan membeli produk lokal lebih banyak.

"Tugas kami adalah menyiapkan kapasitas Labuan Bajo sebagai destinasi kelas dunia. Mari kita tunjukkan pengelolaan yang berkelanjutan di sana dan penggunaan berbagai produk wisata untuk masyarakat," kata Shana.

Warloka Marina dan Resort Pulau Purung adalah resort yang akan dibangun dengan berbagai fasilitas pariwisata berkelas. Konsep pembangunannya ramah lingkungan dengan menampilkan kearifan lokal dan unsur-unsur tradisional khas NTT. Pembangunannya sendiri ditargetkan selesai pada 2023.

Baca juga: BPOLBF: Kampung Kawa, lokasi wisata unggulan di Nagekeo

Baca juga: BPOLBF gunakan aplikasi GIS permudah akses informasi DPSP

Baca juga: BPOLBF siapkan akomodasi standar CHSE dukung G-20

Baca juga: BPOLBF siapkan empat strategi pulihkan kunjungan wisata ke Labuan Bajo

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bekerja dari Labuan Bajo tingkatkan kunjungan wisatawan 38 persen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar